Berita UtamaKilas Balik
Trending

Mengenal Sejarah Monumen Dirgantara Lanud Syamsudin Noor

Pesawat Tempur Yang Bertugas Mengintai Malaysia

Jika anda singgah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan mendarat di Bandara Syamsudin Nor, maka anda akan melihat monumen pesawat yang membelah jalan menuju Bandara Syamsudin Noor.

Bandara yang juga bersebelahan dengan Lanud Syamsudin Noor memberikan sejarah tersendiri bagi Kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara. Namun tidak banyak orang mengetahui sejarahnya. Begini kisahnya?

Sekitar 1 km dari pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, tugu pesawat tersebut berdiri gagah ditengah simpang empat Landasan Ulin, Banjarabaru, yang membagi dua jalur perjalanan menuju arah Banjarmasin dan Banjarbaru.

Ya, monumen itu bernama Dirgantara. Monumen pesawat yang gagah perkasa tersebut menghadap kearah matahari terbenam. Pesawat jenis MIG-17 tanpa mesin tersebut terpaku di sebuah beton menyerong ke kiri, bagaikan melayang di angkasa dan siap melakukan manuver.

Lihat juga :  Kejari Banjarbaru Telisik Proyek Sumur Bor Yang Diduga Tidak Sesuai Spek

Di bawah badan burung besi tersebut terdapat tulisan, yang terpahat tentang kemampuan dan spesifikasi dari pesawat tersebut.

Lihat juga :  Program-Program yang 'Menjagal' Kemiskinan

Monumen Dirgantara adalah sebuah pesawat tempur buru sergab MIG-17 yang berdiri gagah di tengah-tengah jalan simpang empat Kecamatan Landasan Ulin. Dalam sejarahnya pesawat ini pernah menjadikan nama besar kekuatan TNI Angkatan Udara yang disegani oleh negara-Negara tetangga indonesia.

“Itu memang pesawat asli yang dijadikan Tugu Dirgantara,” kata Komandan Landasan Udara (Danlanud) Syamsudin Noor, Letkol Penerbang Bambang Sadewo kepada penulis.

Dishub Banjarbaru
1 2 3Laman berikutnya
Reporter
Alrifhani
Editor
Alrifhani
Tampilkan Lebih Banyak

Julianur Rahmani

Graphic & Web Designer - Berfokus pada desain grafis, pria kelahiran Marabahan ini juga berkutat dalam desain website dan videografi. Sangat ahli di bidangnya. Berpengalaman sejak jaman purba, :-D

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close