Berita UtamaLipsus Hari Jadi Kota BanjarbaruPemerintahan

‘SANGAR’ Diusia 20 tahun Banjarbaru Raih 17 Prestasi

TERAS7.COM – Kota Banjarbaru merupakan sebuah Kota yang memiliki letak yang strategis, dimana Kota ini merupakan titik sentral dari 13 Kabupaten Kota yang ada di Kalimantan Selatan, walau terbilang menginjak usia muda, namun sudah semerbak dengan mengukir belasan prestasi bersaing dengan Kabupaten Kota lain.

Dibawah Kepemimpinan Walikota Banjarbaru H. Nadjmi adhani dan Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan kini, Kota Banjarbaru ‘SANGAR’, mampu meraih sebanyak 17 prestasi, baik ditingkat regional maupun nasional.

Hal ini tentu juga tidak melupakan berkat perjuangan para pemimpin sebelumnya, yang juga dengan kesungguhan hati dan perjuangan tak hentinya untuk semangat membangun Kota Banjarbaru menjadi lebih baik.

Berikut capaian prestasi ‘SANGAR’ Kota Banjarbaru dalam usia 20 Tahun:

  1. Sakip Predikat B dengan nilai 63,28.

Penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. SAKIP adalah katalisator terciptanya efisiensi melalui penguatan implementasi manajemen kinerja dan anggaran berbasis kinerja.

Tahapan penerapan SAKIP dimulai dengan menetapkan sasaran strategis pada masing- masing instansi pemerintah sesuai dengan sasaran pembangunan nasional. Tujuan evaluasi adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil, serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

  1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Tahun Ketiga dari BPK RI. Opini WTP adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Opini WTP merupakan apresiasi atas keberhasilan Pemko Banjarbaru meraih predikat ini karena merealisasikan saran dan masukan yang disampaikan BPK. Selain itu, seluruh jajaran aparatur juga telah bekerja maksimal mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan sehingga bisa meraih opini WTP.

  1. Bakti Koperasi dan UKM.

apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah atas dukungan dan kontribusi yang diberikan untuk perkembangan dan kemajuan Koperasi dan UKM, diberikan karena Pemko Banjarbaru karena sangat peduli terhadap perkembangan koperasi dan UMKM. Baik melalui kebijakan yang telah diambil, dan berbagai kegiatan untuk membantu mempromosikan produk UMKM di Kota Idaman.

  1. Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA ) 

Diberikan kepada Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

  1. Manggala Karya Kencana.

Manggala Karya Kencana adalah penghargaan yang diberikan kepada tenaga program yang telah melakukan karya yang menonjol dalam pengembangan konsepsi, inovasi, dan sistem yang bermanfaat bagi program keluarga berencana dan pengembangan keluarga sejahtera yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

  1. Nata Mukti Nindya.
Lihat juga :  SKPD Diminta Stop Opname

Yaitu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Kabupaten atau Kota yang membuat inovasi dalam membangun iklim ekonomi UMKM dan dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan. Penghargaan ini hanya diterima oleh 3 Kabupaten atau Kota se-Indonesia, yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Banyuwangi

  1. Anugerah Pandu Negeri kategori Kota dengan kinerja dan tata kelola yang baik dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).

Penilaian penghargaan ini antara lain memiliki tata kelola keuangan yang baik selama 2 tahun terakhir, kepala daerah dan wakilnya tidak tersangkut kasus korupsi, memiliki kinerja pembangunan manusia yang bagus, diukur dari nilai rata-rata Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2015-2017 dan memiliki pencapaian program terobosan inovatif untuk mencapai visi dan misi Pemerintah Daerah.

  1. Pakarti Utama I Nasional Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dianugerahkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru dalam meningkatkan dan memotivasi Kader PKK Kota Banjarbaru untuk terus melakukan yang terbaik bagi masyarakat Banjarbaru.
  2. National Procurement Award kategori Komitmen Penerapan Standar LPSE 2014, menjadikan LPSE Kota Banjarbaru  yang berintegritas, profesional dan independen. Penghargaan diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja pengadaan secara elektronik di instansi pemerintah.
  3. Top 25 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik.

Penghargaan dari Kemenpan RB kepada Pemerintah Kota Banjarbaru atas upayanya membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi, partisipatif, dan dimanfaatkan untuk perbaikan berkelanjutan, yaitu melalui aplikasi LAPOR!.

  1. Pendukung KUR Terbaik Dari Kmenterian Koordinator Bidang Perekonomian RI Kementerian Diberikan sebagai penghargaan kepada Pemerintah Kota Banjarbaru yang selalu berperan aktif dan kinerja yang baik dalam mendukung realisasi penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR} bagi pelaku UMKM.
  2. Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan dari Ombudsman Republik Indonesia Kota Banjarbaru masuk pada zona hijau dengan predikat Kepatuhan Tinggi Atas Pelayanan Publik 2018 dengan nilai 92,09. Sistem penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman RI adalah dengan cara mensurvey langsung tanpa ada pemberitahuan sebelumnya Tim survey Ombudsman RI memposisikan diri sebagai masyarakat pengguna layanan yang ingin mengetahui hak-haknya dalam pelayanan publik. 
  3. Anugerah Paharita Ekapraya.

Banjarbaru untuk pertama kalinya meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Penghargaan ini diberikan karena komitmen yang tinggi Pemerintah Kota Banjarbaru dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sehingga hak-hak anak terpenuhi sesuai dengan Undang- Undang.

  1. 5 (lima) Adiwiyata Nasional dan 10 (sepuluh) Adiwiyata Mandiri.

Menjadikan banjarbaru sebagai satu-satunya Kota penerima penghargaan Adiwiyata terbanyak se Indonesia, sebagai wujud sinergi yang terjalin sangat baik antara kebijakan pemerintah dengan dunia pendidikan.

  1. Adipura.
  2. Kota Layak HAM, diberikan kepada Kabupaten atau Kota yang memiliki kepedulian terhadap penegakan ham dalam upaya pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat.
  3. Kelurahan guntung paikat yang dinobatkan sebagai kelurahan terbaik se Indonesia.

Sayyid Maulana Ahmad

Pimpinan Redaksi - Berpengalaman selama 3 tahun di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya, sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan, لا حول ولا قوة إلا بالله

Berita Lainnya

3 Comments

  1. Hi would you mind sharing which blog platform you’re working with? I’m planning to start my own blog soon but I’m having a hard time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for something unique. P.S Sorry for being off-topic but I had to ask!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas