KesehatanLayanan PublikSosial

Tak Hanya Amankan Lalu Lintas, Posko Polisi Ini Sediakan Rest Area Dan Posko Kesehatan

TERAS7.COM – Polri secara rutin melaksanakan Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan selama lebaran Idul Fitri setiap tahunnya.

Tak terkecuali di Kabupaten Banjar, dimana Polres Banjar telah mempersiapkan hal tersebut antara lain dengan membangun 3 unit Posko Pengamanan (Pospam) Lebaran 2019 di Depan Lapangan CBS Martapura, Gambut dan Astambul.

Salah satunya adalah Pospam Astambul yang mengawasi pengamanan arus mudik dan balik di Jalan Ahmad Yani dari Martapura menuju Hulu Sungai.

Kepala Pospam Astambul, Iptu Riduan Pane saat ditemui Teras7.com di Pospam Astambul pada Senin (3/6) mengatakan Pospam ini sudah ada sejak 1 Minggu yang lalu.

Kapospam Astambul, Iptu Riduan Pane

“Pospam ini akan terus ada hingga tanggal 10 Juni nanti. Posko ini tak hanya untuk pengamanan saja, tapi juga menyediakan rest area bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat,” ujarnya.

Pospam ini sendiri ujarnya dijaga oleh petugas dari 5 Polsek secara bergantian, yaitu personel dari Polsek Astambul, Polsek Mataraman, Polsek Simpang Empat, Polsek Sambung Makmur dan Polsek Pengaron.

“Kami juga dibantu personel gabungan 2 orang dari TNI, 2 orang dari Dinas Kesehatan, 2 orang dari Dinas Perhubungan, 2 orang Satpol PP, 3 orang dari Kecamatan dan 2 orang anggota Pramuka,” terangnya.

“Prioritas kami adalah mewujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamtibcarlantas). Sebelumnya pospam didirikan di wilayah Simpang Empat, tapi karena sempat terjadi kemacetan di Astambul, jadi didirikan disini agar dapat dengan cepat menanggulangi kemacetan yang akan terjadi,” tambahnya.

Terdapat rest area bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat sejenak saat dalam perjalanan mudik

Selain menjadi pospam, posko ini juga menjadi rest area karena memiliki lahan parkir yang cukup luas dan berada tepat di samping SPBU baru di daerah Astambul.

Lihat juga :  Ikan Budidaya Mati, Kadis Perikanan Turun ke Lokasi

“Disini kami sediakan velbed sebanyak 6 buah bagi pengendara yang ingin beristirahat. Karena berada di samping SPBU yang baru dibangun, selain punya tempat parkir yang luas juga bisa sholat dan ada toilet disini. Juga tempatnya lumayan teduh karena berada dibawah pohon,” ungkap Iptu Riduan Pane.

Tak hanya menjadi rest area, pospam ini juga menyediakan posko kesehatan bagi pengendara yang mudik, hal ini disampaikan salah satu petugas kesehatan Pospam Astambul, Heri Suprihanto.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menyediakan 1 unit ambulance di posko pengamanan astambul

“Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar memberikan pelayanan gratis pada masyarakat dengan menyediakan berbagai pengobatan mulai dari yang ringan seperti pusing, sampai yang berat seperti penanggulangan luka akibat kecelakaan dan gawat darurat. Selain itu ada 1 unit ambulance yang siap setiap waktu untuk evakuasi apabila diperlukan untuk dirujuk ke rumah sakit,” jelasnya.

Posko kesehatan ini sendiri ujar Heri Suprihanto menyiapkan petugas yang selalu stand by sebanyak 2 orang dan berjaga bergantian pada pagi dan siang.

“Petugas kesehatan yang stand by disini dirolling dari 2 puskesmas, yaitu Puskesmas Mataraman dan Puskesmas Astambul. Jadi kalau hari ini dari Mataraman, besok baru dari Astambul,” ungkap pria yang sudah selama 30 menjadi perawat ini.

Heri Suprihanto mengatakan pelayanan kesehatan gratis ini dapat dimanfaatkan oleh para pengendara yang singgah di posko ini mulai tanggal 31 Juni hingga tanggal 8 Juni ini.

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas