Budaya

Motivatif, Berhenti dari Perusahan Tambang, Pemuda Teweh Lestarikan Budaya Dayak

TERAS7.COM – Berhenti bekerja dari sebuah perusahaan dengan gaji jutaan rupiah dan membuka usaha sendiri menjual pernak pernik pusat oleh-oleh adat dayak Kalimantan Tengah Barito Utara (Barut), merupakan sebuah keyakinan seorang pemuda ini untuk mengenalkan kekayaan budaya khas daerahnya.

Kaspul Hidayat (27) putera asli daerah kelahiran muara teweh, pemilik Galeri Mr. Murdani Muara Teweh, memiliki semangat yang luar biasa untuk membuka usaha sendiri dengan menjual pernak pernik oleh-oleh khas Muara Teweh Barut.

Galeri Dr Murdani Pusat Oleh Oleh Kota Buara Teweh

Sebelumnya, pemuda yang akrab disapa Kaspul ini, bekerja di sebuah perusahaan pertambahan selama 8 tahun, dengan gaji yang sangat menjajikan, mulai dari 3,5 juta sampai 5 juta perbulan, namun ia menyadari bahwa melestarikan dan mengenalkan budaya khas Kabupaten Barut lebih penting.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kita berharap dengan usaha ini orang-orang akan lebih mengenal dan bisa merasa dekat dengan Kabupaten Barito Utara,” ujarnya saat dikunjungi teras7.com pada Kamis (18/07), di Muara Teweh Sebrang.

Pusat Oleh Oleh Kota Muara Teweh di Galeri Dr Murdani

Menurutnya, di kota Muara Teweh sangat jarang sekali ada yang benar-benar terjun ke dunia usaha untuk menjual sekaligus memperkenalkan budaya kerajinan khas dayak Barut, bagaimana setiap orang yang berkunjung ke Bumi Iya Mulik Bengkang Turan bisa memperoleh hadiah atau oleh-oleh sebagai kenang-kenangan untuk pulang.

Miniatur Rumah Betang Pusat Oleh Oleh Kota Muara Teweh di Galeri Dr Murdani

Selain menjual pernak pernik dan kerajian tangan khas Dayak Barut seperti rambat atau tas yang terbuat dari rotan, lampu durian teweh, mandau dan sumpit, miniatur rumah betang, kerupuk saluang teweh, Galeri Dr. Murdani juga menjual berbagai macam obat tradisional yang terbuat dari batang dan akar hutan rimba Kalimantan yang memiliki hasiat kesehatan seperti, menormalkan darah tinggi, rematik, pegal linu, obat kuat, diabetes dan masih banyak lagi.

Macam-Macat Obat Akar Kayu Khas Dayak Pusat Oleh Oleh Kota Muara Teweh di Galeri Dr Murdani

“Ini sebenarnya usaha milik keluarga yang sudah sejak dulu kami tekuni, namun baru kali ini kita buka dalam bentuk galeri, dimana orang datang tidak harus membeli tetapi juga bisa melihat, mengenal dan bertanya seputar kerajinan dan obat obatan alami khas dayak,” jelasnya seraya menunjukan barang dagangannya.

Tas Khas Muara Teweh Yang Terbuiat Dari Rotan Pusat Oleh Oleh Kota Muara Teweh di Galeri Dr Murdani

Galeri Dr Murdaji ini baru ia buka kurang dari satu bulan, tetapi setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung, “Alhamdulillah, setiap harinya kita salalu menerima kunjungan dari pembeli dan penghasilannya lumaian cukup,” tambahnya.

Pusat Oleh-oleh Khas Barito Utara Galeri Dr Murdani ini beralamat di Jalan Cempaka Raya RT. 10 Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Kota Muara Teweh Kabupupaten Barito Utara 300 meter dari Islamic Center. Ia juga melayani pemesanan online lewat media sosial Instagram @galerimr.murdaninorthbarito.

Sayyid Maulana Ahmad

Pimpinan Redaksi - Berpengalaman selama 3 tahun di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya, sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan, لا حول ولا قوة إلا بالله

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas