KulinerLifestyle

Tren Gaya Hidup Sehat Vegetarian Semakin Populer, Akankah Jadi Tren Sesaat?

TERAS7.COM – Sampai saat ini pola makan vegetarian masih identik dengan ikon gaya hidup sehat. Pola makan vegetarian lebih memilih bahan makanan nabati, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena berbagai alasan banyak orang yang memilih menjalani hidup sehat dengan vegetarian. Hal ini terbukti dengan makin banyak bermunculan para pembisnis kuliner vegetarian bebas daging dan ikan.

Pola makan dan teknik memilih hidangan vegetarian dimaksudkan agar sumber vitamin, serat dan mineral dapat dinikmati secara maksimal dan terhindar dari resiko gangguan sistem pencernaan.

Anggapan mencari produk makanan vegetarian itu sulit, sudah tidak berlaku. Dulu, makanan vegetarian hanya bisa ditemui di restoran yang mahal.  Sekarang, di media sosial seperti Instagram, Facebook sudah bisa dengan mudah menemukan makanan bebas dari daging dan ikan. Hanya dengan menulis di kata pencarian “makanan vegetarian” Anda akan menemukan banyak pilihan restoran, rumah makan atau tempat-tempat yang menjual makanan vegetarian.

Lihat juga :  Ini Pantai Dengan Spot Foto Sunset Terbaik Di Kalsel

Feomena vegetarian ini sebenarnya sudah menjamur sekitar tahun 2009-2010, Sekarang semakin booming di media sosial. Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih menjadi vegetarian, seperti ingin lebih sehat, program menurunkan berat badan, kecintaan terhadap hewan, dan lainnya.

Menjamurnya bisnis kuliner vegan ini tidak lepas dari perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang ingin hidup sehat. Jumlah restoran vegetarian tercatat di tahun 2018 mencapai 435 buah, angka tersebut jauh meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2010 restoran vegetarian hanya kurang dari 50 restoran.

Pendapat tersebut ditegaskan pula oleh pengamat bisnis Yuswohady. Ia menilai, bahwa bisnis kuliner vegetarian memiliki peluang yang tinggi. Hal ini sejalan dengan kesadaran masyarakat akan hidup sehat dan semakin banyaknya masyarakat yang berpendidikan tinggi.

Lihat juga :  Kuliner Gratis Puncak Harjad Kabupaten Banjar Diserbu Warga

Menurutnya semakin orang berpendidikan maka semakin peduli ia terhadap kesehatannya. Dikutip dari detik.com “Orang makin terdidik maka kebahagiaan utamanya tercapai ketika sehat, makannya diatur, aktivitasnya diatur, kerjanya. Orang semakin kaya maka makin pintar kaya begitu” ujar Yuswohady pada Selasa (23/6).

Sekarang ini prospek bisnis kuliner vegetarian terlihat cerah, dimana dari tahun ke tahun bisnis ini semakin tumbuh pesat. Keuntungannya memang bisa terbilang tinggi sehingga kita sekarang bisa menemukan banyak penjual makanan vegetarian yang diserbu pembeli. Kelebihan menjalankan bisnis ini salah satunya adalah proses produksi makanan yang mudah, bahan bakunya bisa sayur-sayuran dan buah-buahan yang lengkap tersedia di pasar atau swalayan.

Vegetarian sifatnya fundamental kedepan dan akan menjadi sesuatu yang tren dan tidak akan sesaat. Yuswohady juga menambahkan dengan semakin meningkatnya masyarakat yang terdidik dan bertambahnya kelas menengah ke atas menjadikan bisnis makanan vegetarian menjadi bisnis yang prospeknya baik. Walaupun Yuswohandy juga tidak tahu apakah bisnis kuliner vegetarian akan tumbuh dengan cepat ataukah lambat.

Tampilkan Lebih Banyak

Sayyid Maulana Ahmad

Pimpinan Redaksi - Berpengalaman selama 3 tahun di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya, sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan, لا حول ولا قوة إلا بالله

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close