TNI - POLRI

TNI Tegaskan, Akan Beri Sangsi Kepala Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan Di Gambut

TERAS7.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Staf ahli Mayjend TNI  (Purn) Amrin didampingi Kolonel Inf Fajar Cahyono LO diterima  Dansub Satgas – 6 Kodim Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto dimakodim Martapura , Kamis ( 15/8/2019) pukul 13.00 wita.

Sebelumnya peninjauan dan mengecekan lokasi Posko Kebakaran Hutan dan Lahan, Tim satgas Karhutla menerima penjelasan dan pemaparan oleh Dansub Satgas-6. Kodim 1006/Martapura dan Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto.

“Kunjungan Tim BNPB Pusat tersebut langsung ke Posko Siaga Karhutla Tim-7 di Koramil 1006-12/Liang Anggang, adalah untuk melakukan pengecekan secara langsung terhadap kondisi personil dan tanggung jawab Satgas Karhutla, serta meninjau lokasi lahan gambut yang terbakar,” Ujar Dandim.

dikesempatan tersebut, Mayjen TNI (Purn) Amrin dihadapan personel Satgas Karhutla menutur fakta dilapangkan dirinya melihat sendiri lahan rawa gambut kedalaman dua meter terbakar, meski sudah lebih 20 kali di Bom water asap kepulan keluar tidak akan mati, namun beruntung satgas Karhutla TNI , BPBD,MPA dan kepolisian sigap membantu dengan menggunakan alat pompa air sehingga asap berangsur mereda.

Amrin meminta dan berharap kepada Dansub satgas-6 Kodim Martapura, pembakaran lahan gambut seperti ini  dengan sengaja dibakar tidak lagi terjadi. Sebab bisa saja api baru padam saat musim hujan nanti.

Lihat juga :  Ada Apa? Tiba Tiba Dandim ke Pasar Martapura

“Jangan ada yang membakar, kalau dibakar, itu tidak bisa dipadamkan, dan akan padam itu hanya pada musim hujan. Berapa pun helikopter kita kerahkan tetap tidak akan maksimal, beri himbauan peringatkan kepada masyarakat larangan, kalau perlu beri tindakan dan sangsi siapa saja sengaja membakar serta dipolis line area dan laporkan,” tegasnya.

Dilokasi yang sama, Danramil-08/Gambut menyampaikan, semula hanya terlihat asap,  namun selang tiga jam kemudian kembali api dengan kepulan asap  membakar lahan di lokasi kebakaran lahan gambut milik warga yang sudah dibuka pemiliknya, sesaat sebelum musim panas sampai saat ini pemiliknya masih dicari untuk diminta keterangan.

Hingga pukul 13.30 asap dapat dipadamkan, namun demikian tim satgas tetap berjaga jaga guna antisipasi munculnya api susulan di lahan Gambut.

“Tim karhutla akan memaksimalkan sosialisasi dan pencegahan karhutla kepada warga agar tidak membakar semak belukar diatas lahan gambut, karena jika sedikit terbakar maka akan berdampak luas dan itu memerlukan cost tinggi pemadamannya,” Pungkas Danramil-08/Gambut.

Sayyid Maulana Ahmad

Pimpinan Redaksi - Berpengalaman selama 3 tahun di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya, sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan, لا حول ولا قوة إلا بالله

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas