Kuliner

Kampanye Konsumsi Makanan Lokal, Kabupaten Banjar Gelar Lomba Kuliner

TERAS7.COM – Kampanye agar masyarakat mengonsumsi makanan lokal yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta makanan yang banyak mengandung protein terus digelorakan Bupati Banjar, H Khalilurrahman.

Hal ini dilakukan dengan menggelar lomba kuliner Banjar Festival Pangan Lokal B2SA, Kudapan Ikan dan Kue Tradisional di Halaman Kantor Pemkab Banjar pada Kamis (15/8).

Bupati Banjar yang akrab disapa Guru Khalil ini mengatakan lomba kuliner ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banjar, khususnya peserta lomba.

“Masyarakat dapat memanfaatkan keragaman pangan lokal atau kearifan lokal di kecamatan masing-masing sebagai pengganti karbohidrat untuk dikonsumsi sehari-hari. Penganekaragaman pangan menjadi upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang B2SA dan berbasis pada potensi sumber daya lokal untuk mewujudkan SDM yang berkualitas menuju Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah,” ujar Guru Khalil

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj. Raudathul Wardiyah

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj. Raudathul Wardiyah mengungkapkan sangat senang dengan digelarnya lomba yang mengangkat tema Meningkatkan Kreatifitas dan Inovasi Pengolahan Hasil Pangan dan menjadi rangkaian HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-69 ini.

Lihat juga :  Idul Adha 1440 H, Muhammadiyah Banjar Potong 134 Ekor Hewan Kurban

“Melalui lomba ini diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan olahan pangan lokal masing-masing kecamatan seperti pengganti karbohidrat contohnya umbi-umbian, sagu, sukun dan jagung. Lomba kue tradisional Banjar sebagai upaya untuk melestarikan kuliner tradisional khas Banjar, sehingga dapat lebih memperkenalkan jajanan khas Banjar kepada masyarakat luas,” katanya.

Lihat juga :  BPBD Kabupaten Banjar Dapat Apresiasi dari Komis B DPRD Kabupaten Batang Jawa Tengah

Selain itu digelarnya lomba kudapan ikan memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar gemar makan ikan melalui ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak dengan berkreasi mengembangkan resep masakan yang sehat, bergizi, enak, menarik dan tidak membosankan.

Tampilkan Lebih Banyak

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close