KesehatanKuliner

Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Jangan Kombinasikan Jenis Makanan Ini

TERAS7.COM – Pada saat lapar, sebagian besar orang akan melahap makanan apa saja yang dianggapnya lezat, terutama jika aroma dan tampilannya menggoda. Kebiasaan mencampur atau mengkombinasikan makanan tertentu sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Hal tersebut dilakukan untuk menambah cita rasa. Contohnya keju, burger atau susu yang dicampur dengan buah-buahan.

Makanan yang dicampur nyatanya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti perut terasa kembung, gangguan pencernaan dsb.  Ayurveda seorang ahli higienis modern mengungkapan fakta baru bahwa ada beberapa macam makanan yang sebaiknya tidak dikombinasikan dengan jenis makanan tertentu karena bisa berbahaya untuk kesehatan.

Berikut ini kombinasi makanan yang sebaiknya tidak dilakukan, seperti yang dilansir dari Bold Sky.

Kentang Goreng Dan Burger

Pexels.com

Sebagian orang suka sekali mengkonsumsi burger dengan kentang goreng, padahal hal ini tidak sehat karena keduanya mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh. Akibatnya tubuh lebih mudah lelah dan mengantuk.

Jus Dan Sereal

Pexels.com

Kombinasi kedua jenis makanan ini dianggap dapat memberikan asupan energi yang cukup, itu sebabnya sebagian orang menjadikannya menu untuk sarapan. Faktanya malah bisa membuat tubuh tidak nyaman karena asam yang terkandung dalam jus buah dapat menurunkan performa enzim yang tugasnya memecah karbohidrat.

Lihat juga :  Layanan Kesehatan Banjar Dipertanyakan, Belasan Tahun Pustu Dibiarkan Rapuh

Selain itu ada beberapa jenis buah yang membuat pencernaan lambat di pagi hari karena kandungan asam, seperti buah mangga, nanas dll. Jika buah-buahan tersebut dicampur susu bisa menyebabkan keracunan.

Pizza Dan Soda

Pexels.com

Kebiasaan makan pizza biasanya dibarengi dengan minum minuman yang mengandung soda. Bahkan ada yang merasa keduanya adalah kombinasi makanan yang tepat. Padahal sebaiknya pizza ditemani oleh minuman yang tidak mengandung soda, karena kandungan karbohidrat, protein, dan pati di pizza dapat memakan energi di tubuh untuk pencernaan. Sedangkan soda mengandung banyak gula yang dapat memperlambat proses pencernaan. Akibatnya bisa menyebabkan perut kembung.

Daging Dan Kentang

Pexels.com

Kedua makanan ini banyak diolah dengan cara ditumbuk sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang lezat. Anda akan terkejut jika mengetahui efeknya bagi kesehatan karena kombinasi keduanya bisa menyebakan masalah pencernaan. Apabila kentang dan daging disatukan menyebabkan kandungan protein dan lemak jenuhnya menjadi sangat tinggi.

Buah Asam Dan Buah Manis

Pexels.com

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, buah yang sifatnya asam dapat memperlambat proses pencernaan gula. Gula dari buah-buahan yang rasanya manis dapat menghasilkan fermentasi. Artinya, buah buahan yang asam seperti nanas, mangga, limau, lemon sebaiknya tidak dicampurkan dengan buah-buahan yang rasanya manis, seperti pepaya, pisang, kurma, kismis, danlainnya.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikombinasikan dengan jenis makanan tertentu seperti: teh dan madu, tomat dan mentimun, pasta dan daging cincang.

Salim Ma'ruf

Reporter - Salim Ma'ruf, seorang lelaki yang 24 tahun lalu lahir di Bumi Antaludin, Kandangan, yang terus belajar dan berproses tanpa mengenal kata finish, sampai maut memisahkan roh dan raga.

Berita Lainnya

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas