Kesehatan

Ingin Miliki Ginjal Tetap Sehat dan Berfungsi Baik? Berikut Tipsnya

TERAS7.COM – Ginjal merupakan salah satu organ penting yang terdapat di dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, jikalau terjadi kerusakan atau penurunan pada fungsi organ ini, maka dapat menimbulkan berbaga masalah, bahkan komplikasi.

Mengingat betapa pentingnya fungsi ginja tersebut, seyogyanya harus dijaga agar tidak mengalami penurunan fungsi atau terjadi kerusakan. Sebagaimana yang dilansir dari kompas.com, berdasarkan Cleveland Clinic ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar fungsi organ ini tetap sehat, yaitu:

Hidrasi, Namun Tidak Berlebih

Pexels.com

Menurut dokter ginjal, James Simon berlawanan dengan apa yang dipercaya selama ini, sebenarnya tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa hidrasi berlebih adalah cara efektif untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Minum air putih cukup adalah ide yang tepat, tapi sebaiknya jangan berlebih karena sesuatu yang berlebih tidak kemudian membuat fungsi ginjal menjadi lebih baik.

Konsumsi Makanan Sehat

Pexels.com

James Simon juga menjelaskan bahwa sebagian besar masalah pada ginjal muncul dari kondisi kesehatan lainnya, seperti karena tekanan darah tinggi, kardiovaskular dan diabetes. Oleh sebab itu, penting untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat agar berat badan dan tekanan darah tetap terkontrol dengan baik.

Lihat juga :  Luar Biasa, Banjarbaru Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Olahraga Secara Teratur

Pexels.com

Olahraga tidak hanya mencegah kenaikan berat badan, namun juga dapat mengatur tekanan darah tetap normal. Tapi jangan memaksakan diri untuk berolahraga karena bisa menimbulkan berbagai resiko masalah serius, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya pilih jenis olahraga yang tepat disesuaikan dengan kondisi kesehatan.

Jangan Sembarangan Konsumsi Obat Herbal dan Suplemen

Pexels.com

Untuk menunjang kesehatan dan aktivitas banyak orang yang mengkonsumsi obat-obatan herbal dan suplemen. Hal tersebut tidak salah, apalagi suplemendan obat herbal diklaim aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan bahan kimia.

Namun sesuatu yang diminum/dimakan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Jika mengkonsumsi obat herbal dan suplemen keluar dari batas wajar malah membahayakan kesehatan ginjal.

Lihat juga :  Malas Antri Di Puskesmas Martapura? Sekarang Bisa Daftar Lewat Si Palui

Tidak/Berhenti Merokok

Pexels.com

Ada beragam resiko kesehatan akibat kebiasaan merokok, seperti: kerusakan pada pembuluh darah yang berdampak pada berkurangnya aliran darah di ginjal. Akibatnya ginjal tidak dapat berfungsi secara maksimal. Merokok juga bisa menyebabkan resiko terkena kanker ginjal.

Jangan Terlalu Banyak Minum Obat-obatan yang Dijual Bebas

Pexels.com

Ada banyak obat-obatan yang bisa dibeli tanpa resep dokter, seperti naproxen, ibuprofen yang bisa menyebabkan fungsi ginjal menurun apabila dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu lama. Bahkan ada orang yang ketagihan dan harus mengkonsumsi obat karena sait kronis atau radang sendi. Jika demikian sebaiknya periksa dan konsultasikan ke dokter untuk memantau kondisi ginjal.

Jika Memiliki Penyakit Beresiko Periksa Ginjal Secara Teratur

Pexels.com

Bagi para penderita diabetes, kardiovaskular dan tekanan darah tinggi sebaiknya periksa kondisi ginjal. Biasanya dokter akan menyaring disfungsi ginjal yang menjadi bagian dari perawatan rutin untuk penderita penyakit beresiko tersebut.

Agal ginjal tetap sehat dan aman adalah dengan merawat tubuh untuk mengurangi peluang terkena penyakit metabolis yang disebabkan karena disfungsi ginjal.

Tampilkan Lebih Banyak

Salim Ma'ruf

Reporter - Salim Ma'ruf, seorang lelaki yang 24 tahun lalu lahir di Bumi Antaludin, Kandangan, yang terus belajar dan berproses tanpa mengenal kata finish, sampai maut memisahkan roh dan raga.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close