Layanan PublikOlahraga

Antusias, Warga Ikuti Jalan Santai Sembari Pungut Sampah

TERAS7.COM -Satu minggu sudah puncak peringatan HUT RI ke 74 dirayakan, namun hingga menjelang akhir bulan Agustus ini, suasana peringatannya masih terasa. Sebagaimana yang terlihat di Stadion Mini Gawi Sabarataan, Jl. R.O Ulin, Kelurahan Loktabat Selatan, Banjarbaru, pada Sabtu tanggal 24 Agustus 2019, Kecamatan Banjarbaru Selatan melaksanakan Gerak Jalan Santai dengan mengangkat tema ‘Fun Walk dan Clean: Sehat dan Bersih, Dua Kali Lebih Baik’.

Kegiatan yang memiliki nilai positif ini dihadiri oleh Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani beserta istrinya Hj. Ririen Nadjmi Adhani Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Banjarbaru, Hj. Eny Apriyanti Darmawan Jaya, Camat Banjarbaru Selatan, H. Indra Putra serta Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto.

Peserta sedang melewati salah satu rute yang ditentukan panitia pelaksana. Foto: Dema

Kombinasi pakaian merah dan putih yang dikenanakan oleh ribuan peserta, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia, ikut mewarnai gerak jalan santai ini. Bukan hanya itu, sesuai dengan tema kegiatan, setiap peserta ketika melalui rute yang telah ditentukan panitia dan menemukan sampah, maka mereka diharuskan memungutinya dan memasukkannya ke dalam kantong yang telah disediakan.

Kemudian sampah-sampah yang telah dikumpulkan tersebut ditimbang oleh panitia. Bagi peserta yang mengumpulkan sampah paling banyak dan berat, akan mendapatkan reward dari panitia pelaksana.

Adapun rute yang dilalui oleh para peserta adalah dimulai start dari Lapangan Stadion Mini Gawi Sabarataan Jalan RO Ulin, masuk ke Jalan Ambulung, kemudian menyisiri Jalan Al Jafri Zam Zam II, tembus ke Jalan Bukit Barat, lalu masuk Jalan Bukit Raya Indah, dan finish di Stadion Gawi Sabarataan.

Lihat juga :  Memadamkan Api dengan 'Apam'

Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani menilai, bahwa antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini cukup besar. Hal demikian terlihat dari jumlah peserta yanh terdaftar mencapai sekitar 5000 orang.

Menurutnya, hal ini menunjukkan semangat kebangsaan, keinginan untuk hidup sehat, dan juga berolahraga cukup besar.

“Mudah-mudahan silaturahmi kegiatan seperti ini semakin mempererat rasa kebersamaan kita dalam membangun Banjarbaru,” kata Nadjmi.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Baegal Banjarbaru yang diikuti oleh seluruh peserta dengan meriah. Foto: Dema

Sementara itu, Camat Banjarbaru Selatan, H. Indra Putra menambahkan, bahwa gerak jalan santai sambil memunguti sampah yang berserakan di jalan mempunyai nilai-nilai positif. Misalnya sampah itu bisa juga jadi berkah.

“Karena sampah setelah dipungut, bukan langsung dibuang, tapi ditimbang kemudian dipilah. Dan yang paling banyak sampahnya dapat reward,” terangnya.

Salim Ma'ruf

Reporter - Salim Ma'ruf, seorang lelaki yang 24 tahun lalu lahir di Bumi Antaludin, Kandangan, yang terus belajar dan berproses tanpa mengenal kata finish, sampai maut memisahkan roh dan raga.

Berita Lainnya

5 Comments

  1. You actually make it appear so easy with your presentation but I find this topic to be actually something that I believe I would never understand. It seems too complex and extremely extensive for me. I am looking forward on your subsequent publish, I?¦ll try to get the dangle of it!

  2. After looking at a few of the articles on your web page, I really like your way of writing a blog. I book marked it to my bookmark website list and will be checking back in the near future. Please check out my web site too and let me know what you think.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas