Kesehatan

Kenali Stroke Dengan SEGERA

TERAS7.COM – Stroke selama ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi masyarakat, terutama yang punya kebiasaan dan dan gaya hidup tak sehat.

Datang dengan tiba-tiba, orang yang menderita stroke akan mengalami kelumpuhan, bahkan stroke menjadi pemberi kecacatan 1 di Indonesia yang menyebabkan kurang lebih 15% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit ini.

Untuk pencegahan, masyarakat dapat melakukan penanganan sedini mungkin dengan cara mendeteksi gejala stroke agar dapat diobati.

Hal tersebut diungkapkan dr. Yusdani kepada Teras7.com melalui percakapan via Whatsapp pada Minggu (8/9).

“Stroke adalah suatu penyakit berupa kematian sel otak karena gangguan pembuluh dalam atau rusak pembuluh darah,” ujarnya.

Stroke sendiri ujar dr. Yusdani seperti api yang menyebar di kepala, semakin lambat diketahui tandanya maka akan semakin parah.

Lihat juga :  Ratusan Jemaah Haul ke 14 Ditangani Tim Kesehatan

“Gejala stroke bisa dikenali dengan SEGERA yang merupakan singkatan dari SEnyuman, GErakan dan bicaRA. Tanda stroke pertama yaitu SEnyuman ditandai dengan kesulitan bagi penderita stroke untuk berekspresi seperti senyuman,” jelasnya.

Kemudian GErakan lanjutnya ditandai dengan ketidakmampuan penderita untuk memegang benda dengan tangan dan bicaRA ditandai dengan penderita yang tidak berbicara

“Dengan mengenali SEGERA ini, kita bisa dengan segera menangani stroke supaya bisa ditangani lebih cepat. Selama ini banyak orang yang tidak tahu bagaimana tanda-tanda orang mengalami stroke, sehingga setelah berhari-hari baru d ibawa ke Rumah Sakit dan terlambat untuk ditangani. Padahal semakin cepat ditangani maka makin bagus outcomenya,” ungkapnya.

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas