Berita UmumPendidikan

Isi Pengajian Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah, HM. Hilman Tampung Aspirasi Pemuda

TERAS7.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM. Hilman menjadi narasumber dalam Pengajian Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Banjar di Guest House Sultan Sulaiman pada Kamis (12/9).

Sekda Banjar ini memaparkan kebijakan-kebijakan apa saja yang telah dibuat dan dilaksanakan oleh Kabupaten Banjar untuk mendorong kemajuan kegiatan kepemudaan.

Pengajian Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Banjar yang dimoderatori oleh Syamsi Rizki ini juga diisi dengan tanya jawab narasumber antara peserta Pengajian Kebangsaan.

HM. Hilman mengatakan melalui kegiatan yang diinisiasi oleh Angkatan Muda Muhammadiyah ini dirinya dapat berdiskusi dengan para pemuda di Kabupaten Banjar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM. Hilman menjadi narasumber dalam Pengajian Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Banjar

“Tadi kita banyak berdiskusi mengenai masalah pembangunan kepemudaan di Kabupaten Banjar, mulai dari regulasi, sarana, pendanaan dan layanan bagi kepemudaan,” ujarnya.

Jumlah pemuda di Kabupaten Banjar tambah HM. Hilman sebesar 25% dari jumlah penduduk Kabupaten Banjar, sehingga potensi pemuda sebagai SDM yang unggul akan dimanfaatkan secara optimal.

“Kita cukup serius untuk membangun kepemudaan ini melalui pembinaan oleh dinas terkait dan pengucuran dana agar ada hasil yang didapatkan untuk pembinaan layanan kepemudaan sebagai SDM yang unggul,” jelasnya.

HM. Hilman menjelaskan ada beberapa program yang dilaksanakan untuk membina kepemudaan, diantaranya paskibraka, pertukaran pemuda hingga pemuda mengaji dan Lomba Iman Taqwa.

Tak hanya memaparkan kebijakan kepemudaan yang dilakukan Kabupaten Banjar, Sekda Banjar juga memberikan tanggapan atas pertanyaan dan masukan dari peserta Pengajian Kebangsaan

“Selain itu untuk mempersiapkan pemuda agar bisa bersaing, kita siapkan para pemuda ini agar punya kemampuan berwirausaha agar bisa menciptakan lapangan kerja, bukan sebagai pencari kerja,” ungkap HM. Hilman.

Namun pengucuran pendanaan untuk kepemudaan tersebut tidak serta merta dilakukan begitu saja, namun juga memperhitunhkan inovasi yang dilakukan sebagai indikator kinerja sehingga jelas target dan sasaran dari pendanaan yang diberikan sesuai dengan roadmap yang disusun dan disesuaikan dengan sasaran RPJMD yang ada.

Lihat juga :  Pemilu Damai 2019, Saidi Mansyur Siap Gelar Turnamen Tenis Bergengsi

Wakil Sekretaris KNPI Kabupaten Banjar, Januar Sahib yang hadir dalam kegiatan ini berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Sekda Banjar mengenai masalah kepemudaan, terutama sarana Gedung Pemuda dan Kota Layak Pemuda.

Ia mengungkapkan dalam diskusi tersebut, tanggapan yang diberikan Sekda Banjar cukup baik untuk menerima aspirasi para pemuda.

Wakil Sekretaris KNPI Kabupaten Banjar, Januar Sahib

“Sekda tadi memberikan tanggapan untuk permintaan kami agar disediakan wadah bagi para pemuda untuk berkumpul. Jadi ada gedung bekas TK Internasional di Indrasari yang tidak terpakai, pemerintah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga mempersilahkan penggunaan gedung tersebut sebagai Gedung Pemuda. Juga kebijakan daerah terkait kepemudaan yang dilakukan dengan membuat Peraturan Bupati sangat bagus untuk mendukung Kabupaten Banjar menjadi daerah layak pemuda,” katanya.

Januar Sahib berharap pemerintah dapat lebih merangkul dan melibatkan para pemuda dalam berbagai kegiatan seperti dalam pemerintahan dan untuk itu ujarnya, KNPI Kabupaten Banjar siap menjadi mitra pemerintah.

Ketua Panitia Pengajian Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Banjar, Muhammad Nashir menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendengar langsung kebijakan yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk bidang kepemudaan.

Ketua Panitia Pengajian Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Banjar, Muhammad Nashir

“Tujuannya agar kita tahu kebijakan yang dilakukan pemerintah dan bisa bersinergi dengan daerah. Selama ini pemerintah sudah cukup bagus untuk membantu kegiatan kepemudaan, misalnya dengan memberikan bantuan hibah untuk melakukan kegiatan,” ungkapnya.

Untuk Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Banjar ujar Muhammad Nashir telah banyak melaksanakan kegiatan kaderisasi dan terjun langsung ke masyarakat seperti melalui bakti sosial dan pengamalan keterampilan seperti mengisi ceramah dan lain sebagainya di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar beberapa waktu yang lalu.

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas