TNI - POLRI

Tim Ahli BNPB Uji Inovasi Teknologi Modifikasi Handtraktor Rotary Kodim Kandangan Untuk Solusi Karhutla

TERAS7.COM– Kodim 1003/Kandangan bekerjasama dengan BPBD dan Dinas Pertanian Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam rangka pembuatan inovasi teknologi tepat guna untuk mencegah pembakaran hutan dan lahan dikalangan masyarakat yang dilaksanakan di Desa Tinggikan, Kecamatan Kandangan, Rabu (11/9).

Dengan memanfaatkan alat mesin pertanian berupa Handtraktor Rotary yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk memudahkan pembersihan jerami dan rerumputan di area vegetasi ringan.

“Handtraktor Rotary ini akan berfungsi untuk memudahkan petani dalam membersihkan jerami dan rumput di sawah mereka, sehingga tidak perlu lagi membakar lahan,” Ucap Dandim Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto.

Kegiatan ini merupakan ke-3 kalinya digelar, bahkan kesempatan ini pula menjadi keistimewaan tersendiri, pasalnya pada pelaksanaan praktek lapangan langsung dihadiri oleh Staf Ahli BNPB Pusat Mayjen TNI (Purn) Amrin dan Marsda (Purn) Bonar beserta rombongan.

Dimana mereka ikut berkenan untuk mencoba sekaligus menguji inovasi modifikasi Handtraktor Rotary yang akan difungsikan untuk meminimalisir pembakaran lahan persawahan.

Lihat juga :  Primer Koperasi Kartika Hantarukung Kodim 1003 Kandangan Dapat Penghargaan Dari Bupati HSS

Menurut Staf Ahli BNPB Mayjen TNI (Purn) Amrin, mengatakan dengan adanya inovasi alat ini merupakan salah satu trobosan kreatif, dalam upaya solusi dan cara cerdas bagi para petani dalam mengelola lahan pertanian.

“Dengan inovasi ini mampu mencegah terjadinya kebakaran lahan serta mengurangi biaya produksi, karena mesin ini dapat menjadikan sisa-sisa jerami tertimbun tanah, sehingga menjadikan pupuk organik secara alami,” tutur Mayjen TNI (Purn) Amrin.

Dengan adanya Handtraktor Rotary ini sendiri juga diharapkan selain menekan biaya produksi juga dapat meningkatkan penghasilan petani yang secara tidak langsung akan bertambah dan lebih baik kedepannya.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas