Ekonomi

Membangun Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda

TERAS7.COM – Guna membangun mindset dan karakter mandiri dalam berwirausaha, Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Sub Unit Banjarbaru Periode 2019 menyelenggarakan Seminar Umum Kewirausahaan ‘Membangun Karakter Kewirausahaan dengan Kreatif dan Mandiri’ di Aula Gawi Sabarataan, Sabtu (28/9).

Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan menjadi narasumber dalam seminar ini. Di mana ia memiliki pengalaman sebagai pengusaha dan juga pernah menjabat sebagai Ketua DPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Banjarbaru Periode 2003-2006. Selain itu, narasumber yang lainnya adalah, Robbi Noer Miftah, pengusaha muda asal Kota Banjarbaru dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPC HIPMI Kota Banjarbaru.

Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan saat memberikan sambutan. Foto: Dema

Dalam sambutannya, Darmawan Jaya menyampaikan, bahwa beberapa decade ini telah terjadi perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat sebagai akibat dari proses globalisasi dalam berbagai sektor. Salah satunya adalah dunia kerja yang semakin sempit, sementara masyarakat yang membutuhkan kerja semakin meningkat. Pengangguran yang disebabkan ketiadaan lapangan kerja pada akhirnya dapat menjadi beban masyarakat. Pengangguran ini akibat dari semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan terutama di kota-kota besar.

Lihat juga :  Raperda RAPBD 2020 Diajukan, Target Pendapatan Turun 5,8%

“Berwirausaha merupakan salah satu alternatif jalan keluar terbaik. Karena, kewirausahaan sendiri ialah kemampuan untuk menggerakkan orang-orang dan berbagai sumber daya untuk berkreasi, mengembangkan, menerapkan solusi terhadap berbagai masalah agar dapat memberi makna dan memenuhi kebutuhan manusia,” kata Jaya.

Ia mengharapkan, melalui seminar umum tentang kewirausahaan ini, dapat menambah wawasan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan meningkatkan kreativitas, kemandirian, serta inovasi.

Seminar kewirausahaan ini diikuti 150 mahasiswa. Foto: Salim

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Intan Nursolihan menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan seminar ini adalah untuk menumbuhkan rasa keingintahuan dan ketertarikan berwirausaha di kalangan generasi muda. Selan itu, juga untuk berbagi pengalaman serta ilmu dalam kewirausahaan, mengubah mindset mahasiswa agar berani mencoba hal baru, serta mencari peluang untuk berwirausaha.

“Juga untuk memberikan bekal keilmuan yang bisa diaplikasikan oleh mereka yang akan menekuni dunia bisnis,” terangnya.

Salim Ma'ruf

Reporter - Salim Ma'ruf, seorang lelaki yang 24 tahun lalu lahir di Bumi Antaludin, Kandangan, yang terus belajar dan berproses tanpa mengenal kata finish, sampai maut memisahkan roh dan raga.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas