Pendidikan

‘PIJAR’ Berlangsung Sukses, Wakil Dekan III Berikan Apresiasi

TERAS7.COM – Pekan Kompetesi Pelajar (PIJAR) yang diprakarsai oleh Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura , dari tanggal 24 hingga 26 September lalu berlangsung lancar dan sukses.

Terkait dengan suksesnya pelaksanaan PIJAR oleh Dema Fakultas Tarbiyah ini, Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura, Mihrab Afnanda, memberikan apresiasi atas kinerja mereka. Menurutnya, para mahasiswa tersebut, di samping bergelut dengan proses pembelajaran di ruang-ruang kampus, mereka juga mampu memanajemen waktu untuk menyelenggarakan PIJAR berskala provinsi.

“Ini patut diapresiasi, karena pengalaman melaksanakan lomba PIJAR menjadi bekal mereka ketika terjun di dunia kerja dan dengan PIJAR ini mereka bukan hanya pandai di bidang deduktif atau akademis, tetapi juga berproses untuk mengembangkan jiwa induktif (oganisasi), bersosialisasi serta memupuk karakter-karakter kepemimpinan sejak di bangku kuliah,” kata Mihrab kepada Teras7.com, Sabtu (28/9).

Selain itu, menurut Mihrab, pelaksanaan PIJAR ini juga menjadi cikal bakal bagi anak pelajar SLTA untuk lebih mengenal kampus Institut Agama Islam Darussalam. Khususnya kepada Fakultas Tarbiyah yang Terdiri dari 3 Program Studi PAI (Pendidikan Agama Islam), PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) dan PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah).

Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura, Mihrab Afnanda sedang menyerahkan piagam dan piala kepada salah seorang pemenang lomba. Foto: Ist

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Hatim menyampaikam, bahwa penyelenggaraan PIJAR ini merupakan bagian dari pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan dengan mengusung tema ‘Mewujudkan Generasi Pelajar yang Berjiwa Pemenang dan Kompetitif’, PIJAR memiliki tujuan untuk meningkatkan potensi, kemampuan, serta sebagai wadah untuk menyalurkan/mengekspresikan bakat para pelajar.

Lihat juga :  Asrama Mahasiswa Masih Ngontrak, Forum Mahasiswa Banjar Harapkan Bantuan Pemkab

Kemudian, tujuan diselenggarakan PIJAR yang selanjutnya adalah merealisasikan program kerja serta mengembangkan rasa tanggung jawab dan kerja sama tim yang solid, menjalin silaturahmi antara mahasiswa, pelajar dan lainnya.

“Adapun tujuannya yang terakhir adalah memperkenalkan Institut Agama Islam Darussalam Martapura (IAI Darussalam Martapura) di kalangan pelajar SMA/SMK/MA Sederajat,” ujar Hatim.

Perlu diketahui, Pekan Kompetesi Pelajar (PIJAR) ini diikuti oleh perwakilan pelajar tingkat SMA/SMK/SMA sederajat se Kalimantan Selatan, dengan mengikuti beragam lomba, di antaranya Bakisah bahasa Banjar, lomba pidato, baca puisi dan lomba-lomba lainnya.

Salim Ma'ruf

Reporter - Salim Ma'ruf, seorang lelaki yang 24 tahun lalu lahir di Bumi Antaludin, Kandangan, yang terus belajar dan berproses tanpa mengenal kata finish, sampai maut memisahkan roh dan raga.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas