Kesehatan

Promosikan Germas, Dinkes Banjar Gelar Kegiatan Ini Setiap Minggu Pagi

DPRD Kota Banjarbaru

TERAS7.COM – Gerakan Masyarakah Hidup Sehat (Germas) ialah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Banyak cara dilakukan pemerintah untuk memasyarakatkan Germas, salah satunya dilakukan oleh Puskesmas Astambul di RTH Ratu Zalecha pada Minggu (29/9).

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Astambul, Muhammad Kaspi kepada Teras7.com mengatakan dalam acara Germas rutin dilaksanakan setiap minggu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar.

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Astambul, Muhammad Kaspi sedang melakukan penyuluhan tentang 12 Indikator PHBS dan juga mengatasi permasalahan kesehatan dengan cara CERDIK. Foto : Istimewa

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai bagian dari promosi kesehatan. Setiap minggu setiap puskesmas mendapatkan giliran untuk melaksanakan Germas di RTH Ratu Zalecha Martapura, kebetulan hari ini giliran Puskesmas Astambul,” ujarnya.

Polres Kabupaten Banjar

Dalam acara Germas yang dilaksanakan pada minggu pagi ini diisi dengan kegiatan-kegiatan sesuai dengan arahan dari Dinkes, yaitu senam bersama dan pemeriksaan kesehatan.

Lihat juga :  12 ASN Kemenag Banjar Ikuti Tes Petugas Haji, Hanya 5 Yang Lanjut Ke Provinsi

“Pemeriksaan kesehatan yang kita lakukan adalah pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi kesehatan. Selain itu Puskesmas Astambul juga memberikan jamu secara gratis serta buah kepada masyarakat yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan,” ungkapnya.

Puskesmas Astambul mengisi kegiatan Germas di RTH Ratu Zalecha pada Minggu (29/9). Foto : Istimewa

Muhammad Kaspi menambahkan petugas promosi puskesmas melakukan penyuluhan tentang 12 Indikator Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan juga mengatasi permasalahan kesehatan dengan cara CERDIK.

Dengan dilaksanakannya Germas setiap minggunya oleh Puskesmas di lingkungan Dinkes Banjar, Kaspi berharap dapat membantu masyarakat dalam mengontrol kesehatan setiap minggunya.

“Karena pemeriksaan kesehatan yang kami laksanakan ini gratis, kemudian juga dapat memberikan konsultasi kesehatan terhadap masyarakat untuk bisa selalu menjaga kesehatannya. Kami sebagai petugas promosi kesehatan astambul berharap juga kegiatan ini tetap berjalan dan selalu lebih baik lagi,” harapnya.

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas