PemerintahanPolitik

DPRD Banjar Akan Laksanakan Diklat Dan Orientasi Di Daerah Sendiri

TERAS7.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjar adalah lembaga perwakilan untuk rakyat di Kabupaten Banjar yang menjadi salah satu penyelenggaraan pemerintahan di daerah bersama Pemkab Banjar.

Sebagai badan legeslatif daerah, DPRD Banjar memiliki beberapa fungsi yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan, sehingga dalam menjalankan tugasnya lembaga ini memiliki hak, kewajiban, tugas dan wewenang baik secara individual dan institusional.

Diantaranya DPRD Banjar mempunyai hak interpelasi, hak menyampaikan pendapat dan hak angket serta berhak meminta pejabat negara tingkat daerah, badan hukum, pejabat pemerintah daerah serta warga masyarakat untuk memberikan keterangan.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan dalam menjalankan tugasnya, DPRD Banjar akan melaksanakan Diklat dan Oerintasi bagi seluruh anggotanya.

Ketua DPRD Banjar, M. Rofiqi

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Banjar, M. Rofiqi usai Rapat Paripurna Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Banjar di Gedung DPRD Banjar pada Senin (7/10).

“Untuk meningkatnya kinerja yang profesional dan berkompeten di lingkungan DPRD dan pemerintahan Daerah, anggota DPRD Banjar akan melaksanakan Diklat dan Orientasi selama 4 hari,” ujarnya.

Lihat juga :  Tingkatkan kesadaran Lalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Intan

Dilkat dan orientasi ini lanjut Rofiqi akan dilaksanakan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru pada tanggal 21 Oktober 2019.

“Diklat dan orientasi ini kita ini akan dilaksanakan di Kalsel dan berbarengan jadwalnya dengan Kabupaten Banjar. Jadi tidak perlu keluar daerah, kan kalau bisa belajar di daerah sendiri, kenapa harus belajar di luar daerah,” terangnya.

Dikutip dari Pusdiklat Pemendagri, ada beberapa materi yang harus diketahui anggota DPRD, antara lain Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan; Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan; Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota DPRD; Pedoman Pelaksanaan Fungsi DPRD; Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD ; Pengelolaan Dana Hibah Dan Dana Bantuan Sosial Bagi Anggota DPRD; Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan DPRD; reses & pokok pikiran DPRD hasil Jasmara; peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah; Peran DPRD Dalam Penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota; Fungsi dan Wewenang DPRD dalam Proses Penyusunan dan Penetapan APBD; dan Kebijakan umum anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran.

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Ke Atas