Lifestyle

Peringati Hari Ikan Nasional 2019, Diskan Banjar Kembali Gelar Lomba Ikan Hias Cupang

TERAS7.COM – Peringatan Hari Ikan Nasional Ke-6 Tahun 2019 di Kabupaten Banjar kembali diisi dengan Lomba Ikan Hias Cupang yang digelar oleh Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Banjar di RTH Alun Alun Raza Martapura pada Minggu (1/12).

Lomba yang mempertandingkan Ikan Cupang atau dalam Bahasa Banjar dikenal dengan nama ikan Kalatau ini sebagai Ikan Hias Non Konsumsi kali ini memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati Banjar.

Kepala Diskan Banjar, Riza Dauly mengungkapkan selain menggalakkan konsumsi ikan di masyarakat, pihaknya juga menggalakkan ikan non konsumsi seperti ikan hias.

“Ditempat kita cukup banyak komunitas pecinta Ikan Cupang, karena itu kita kembali adakan lomba ini untuk memotivasi pelaku usaha ikan hias untuk menggalakkan usaha perikanan di Kabupaten Banjar, tak hanya untuk konsumsi saja tapi juga usaha perikanan yang non konsumsi,” ujarnya.

Lihat juga :  Sambut Kabupaten Layak Pemuda, Dispora Banjar Gelar Diskusi Publik Perbup Kepemudaan

Perlombaan ini lanjut Riza Dauly dapat menjadi media konsultasi antara pelaku usaha ikan dan mitra usaha serta jadi ajang peningkatan dan promosi usaha perikanan di Kabupaten Banjar.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba Ikan Hias Cupang, Sipliansyah Hartani mengatakan lomba yang dgelar tahun ini diikuti kurang lebih 250 pemilik ikan Cupang.

“Untuk peserta tak hanya dari Kalsel saja, lomba ini juga diikuti oleh peserta dari luar Kalsel seperti Kalteng dan Kaltim. Ada 25 kategori yang diperlombakan, tapi dibagi atas 2 kategori besar yaitu kategori Reguler dan kategori Baby,” jelasnya.

Lihat juga :  Tak Bisa Lebaran Bareng Keluarga, Ini Curahan Hati Petugas Lapas Martapura

Pria yang menjabat sebagai Kasi Teknologi Dan Informasi Diskan Banjar ini menambahkan pemenang lomba ini disetiap kategorinya akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

“Sementara untuk Juara Umum akan mendapatkan Tropi Bupati Banjar, peraih Best of The Best akan mendapat Tropi Wakil Bupati Banjar dan peraih Best of Show akan mendapatkan Tropi Kadiskan Banjar. Pengumuman pemenang akan kita umumkan hari ini juga setelah penjurian selesai,” terang Sipliansyah.

Tampilkan Lebih Banyak

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close