Lifestyle

Tingkatkan Daya Saing Anak Bangsa, Diskan Banjar Dorong Konsumsi Ikan Sejak Dini

TERAS7.COM – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Banjar menggelar peringatan Hari Ikan Nasional dan pencanangan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di RTH Alun Alun Raza Martapura pada Minggu pagi (1/12).

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Kepala Diskan Banjar, Riza Dauly ini dihadiri pula oleh puluhan anak dari 2 Sekolah Dasar yang berada di Pesayangan, Martapura.

Riza Dauly mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu media promosi yang dilakukan Diskan Banjar agar masyarakat mengkonsumsi ikan lebih banyak dan massif.

“Dengan konsumsi ikan yang tinggi, kita dapat meningkatkan daya saing anak bangsa di era Industri 4.0 yang mengharuskan kita memiliki SDM yang sehat, kuat, cerdas dan unggul,” ujarnya.

Lihat juga :  Sidak Ke Pasar Martapura, Bupati Banjar Pantau Harga Sembako

Kandungan gizi ikan, seperti omega 3 yang berfungsi untuk mencerdaskan otak pada ikan tambah Riza Dauly sangat tinggi dibandingkan daging sapi atau daging ayam, bahkan harganya lebih murah dari kedua sumber protein yang lain dan kadar kolestrolnya lebih rendah.

Sayangnya konsumsi ikan di Kabupaten Banjar masih rendah, berdasarkan data Diskan Banjar kebutuhan harian konsumsi ikan setiap orang sebesar 57 miligram, akan tetapi pada kenyataannya hanya mencapai angka 40 miligram.

Lihat juga :  Targetkan PAD Meningkat, DPRD Banjar Segera Bahas Penyesuaian Tarif Retribusi Perizinan Tertentu

“Karena itu kami mengajak seluruh masyarakat agar mengkonsumsi ikan sejak dini, hal ini harus dimulai oleh keluarga sebagai bagian terkecil dalam masyarakat untuk memberikan makanan bernutrisi berbahan baku ikan yang bergizi, sehat dan halal kepada anak-anaknya,” jelasnya.

Diskan Banjar sambung Riza Dauly telah menggandeng penyuluh-penyuluhnya yang ada di lapangan, Dinas Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan untuk mengkampanye Gemarikan di masyarakat.

Usai membuka menggelar peringatan Hari Ikan Nasional dan pencanangan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Kadiskan Banjar ini memberikan produk olahan ikan kepada perwakilan murid-murid SD yang hadir.

Tampilkan Lebih Banyak

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close