Berita UtamaSosial

Usai Hujan Deras Ratusan Rumah Warga Banjarbaru Terendam Air

TERAS7.COM – Ratusan Rumah warga kota Banjarbaru terdampak terendam air, usai hujan deras yang mengguyur, pada minggu dini hari (05/01).

Diketahui hujan deras terjadi sejak pukul 05.00 Wita hingga pukul 08.30 Wita, di wilayah kota Banjarbaru ini mengakibatkan beberap titik terendam air, seperti di kawasan Sungai Ulin rendaman air sampai selutut orang dewasa, begitu juga di daerah Sungai Kemuning, aliran air sungai sempat meluap sampai menggenangi lantai siring sungai.

Genangan air akibat hujan deras ini juga terjadi di kawasan Cempaka, terutama di dekat Masjid Jami Cempaka, rendaman air sempat mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

Daerah daerah yang terendam air ini rata rata merupakan daerah rendah atau daerah aliran sungai, yang mendapat limpahan debit air dari daerah dataran atas.

Nadjmi Adhani Walikota Banjarbaru Pantau Sungai Kemuning Sempat Meluap Akibat Hujan Deras
Nadjmi Adhani Walikota Banjarbaru Pantau Sungai Kemuning Sempat Meluap Akibat Hujan Deras

Mendapati informasi tersebut, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani pun langsung mendatangi beberapa titik titik lokasi, selain memantau, H Nadjmi Adhani juga menginstruksikan kepada SKPD terkait untuk maksimal memberikan bantuan, agar warga tidak terlalu terkena dampak genangan banjir.

“Semoga Banjir dibeberapa lokasi di Banjarbaru segera surut. Saat ini Pemko Banjarbaru melalui BPBD Kota Banjarbaru dan semua dinas terkait, bersama BPBD Provinsi serta para relawan turun langsung membantu warga yang rumahnya kebanjiran,” ucap H Nadjmi Adhani.

Orang nomor satu di Kota yang berjuluk Idaman ini juga mengingatkan, kepada warga yang rumahnya tergenang air, agar berhati-hati dengan aliran listrik yang tergenang air.

Walikota Banjarbaru Pantau Warga Yang Terdampak Genangan AIr Usai Hujan Deras.

“Dan kepada masyarakat, mari saling membantu jika ada warga yang menjadi korban banjir. Insya Allah airnya akan segera surut, warga terdampak akan kita tangani dengan baik. Semoga semua selamat dan bisa beraktivitas kembali seperti semula,” ungkap Nadjmi Adhani saat berada di lokasi banjir, pada pukul 12.45 WITA.

Sementara data sementara yang terhimpun oleh BPBD provinsi Kalsel dann BPBD kota Banjarbaru titik yang terdampak genangan air usai hujan deras diantaranya di Jl. Kertak Baru, Gang Bahagia Rt. 04, 08, 23, 24 dan 25, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru yang mengakibatkan 70 buah rumah terendam dan 3 sekolahan paud, dengan terdampak 90 Kepala Keluaraga dan 193 Jiwa, di Jl. Los Basung 1 dan Jl. Los Basung 2, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru yang mengakibatkan 34 buah rumah terendam, dengan terdampak 34 Kepala Keluarga dan 70  Jiwa, di Kampung Pelangi, Kelurahan Loktabat Selatan, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru yang mengakibatkan 55 buah rumah terendam, dengan terdampak 55 Kepala Keluarga dann 193 Jiwa.

hingga saat ini petugas dsan relawan masih melakukan evakuasi warga yang terdampak genangan air, warga sementara mengungsi ke mesjid yang tidak terendam dan kerumah sanak keluarga yang aman dari genangan air.

Dari pantauan BMKG Provinsi Kalimantan Selatan di bmkg.go.id , Kota Banjarbaru dan sekitarnya diperkirakan dalam satu minggu ke depan masih di guyur hujan setiap harinya, dengan prakiraan hujan ringan dan deras. Hujan juga kebanyakan terjadi pada malam hari dan dinihari.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close