Kuliner

Danau Tamiyang Jadi Surga Sehari Pecinta Durian

TERAS7.COM – Melimpahnya panen buah durian pada akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020 ini membuat Festival Durian Kabupaten Banjar kembali digelar pada Rabu (8/1).

Seperti tahun sebelumnya, Festival Durian ini kembali dilaksanakan di wisata Danau Tamiyang Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Pencinta buah durian dari berbagai daerah pun datang menyerbu Festival Durian yang digelar Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Banjar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar dan Desa Mandikapau Barat ini.

Ribuan buah durian hasil panen petani Kabupaten Banjar tahun ini cukup melimpah

Ribuan buah durian yang dijual dengan harga miring di sekitar lokasi acara Festival Durian ini menjadi surga sehari yang ramai di serbu pengunjung, baik untuk di makan di tempat atau di bawa pulang.

 

Salah satu pengunjung, Ari Cahyono kepada awak media mengungkapkan Festival Durian Kabupaten Banjar ini sangat ramai.

“Semoga tahun depan bisa digelar kembali, karena durian disini lebih banyak jenisnya dan beraneka ragam dibandingkan durian dari daerah lain,” ujarnya.

Durian di Kabupaten Banjar sangat unik menurut Ari Cahyono, karena beragam jenis dan rasanya

Dari segi rasa, Ari Cahyono menambahkan tak ada yang berbeda dari durian lainnya, tapi durian Kabupaten Banjar punya tekstur yang beragam dan lebih enak.

Demikian juga pengunjung yang lain, menurut Muhammad Amin pelaksanaan Festival Durian tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Fasilitas di tempat wisata ini mulai bagus, buah yang disediakan juga lebih banyak. Panitia tahun ini lebih siap dari tahun sebelumnya,” katanya.

Salah satu pengunjung, Muhammad Amin

Secara kualitas buah durian memang tak ada yang berubah ujarnya, tetap enak dan makin banyak varietas unggul setiap tahunnya.

“Kalau soal harga, buah durian di tempat ini cukup bervariasi. Saya sendiri dapat durian enak tapi murah meriah, tapi di luar lokasi acara ini. Tapi kalau di sini harganya memang bervariasi, tergantung bagaimana kita bisa-bisa memilih dan menawar,” terang Muhammad Amin.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati durian dalam Festival Durian tahun ini cukup enak dan harganya murah

Tak hanya warga biasa, durian dengan harga yang cukup murah ini juga diserbu para pejabat, salah satunya adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati.

“Saya sudah mencoba durian di sini, rasanya sangat enak. Kelebihan durian di sini ialah lebih beraneka rasa dan harganya lebih murah daripada yang di jual penjual durian di luar sana,” ungkapnya.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close