Ekonomi

Intan Martapura Tidak Kalah Dengan Intan Eropa

TERAS7.COM – Seperti yang kita ketahui Martapura merupakan kota yang terkenal dengan pernak-perniknya, salah satunya adalah Intan atau yang kita kenal dengan nama berlian.

Tak heran dikarenakan sebagai penghasil batu mulia atau Intan, Kota Martapura dijuluki sebagai Kota Intan.

Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara datang dan berkunjung ke Kota Martapura, baik itu hanya sekadar melihat keindahan kotanya atau juga untuk berburu intan di Pasar Intan Martapura. Tak jarang mereka juga berkunjung ke tempat pembuatan intan untuk melihat proses penggosokan batu yang yang bernilai jual tinggi ini.

Lihat juga :  DPRD Banjar Perjuangkan Ini Dalam Musrenbang 2019

Menurut Nadilah (34), salah satu pemilik toko perhiasan, harga Intan Martapura memiliki harga yang bervariatif, mulai dari puluhan ribu sampai bahkan ada yang sampai jutaan rupiah.

“Intan yang diperjual belikan di sini sudah diolah menjadi berbagi bentuk aksesoris, salah satunya seperti cincin,” tuturnya, Kamis (09/01)

Di samping itu, Pemburu intan, Roby (44) mengaku bahwa intan Martapura mempunyai keunikan tersendiri baik dari segi bentuk dan karakteristik yang bisa membuat takjub.

Lihat juga :  Wabup Serahkan 50 Ekor Sapi Untuk Berkurban

“Pada dasarnya kualitas intan Martapura tidak kalah dengan intan Eropa,” jelasnya.

Pasar Intan Martapura yang berada di Jalan Ahmad Yani, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ini tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan tidak lengkap rasanya kalau ke Kota Martapura tak berkunjung ke Pasar Intan Martapura. (T7-Heldi)

Tampilkan Lebih Banyak

Sayyid Maulana Ahmad

Pimpinan Redaksi - Berpengalaman selama 3 tahun di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya, sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan, لا حول ولا قوة إلا بالله

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close