Budaya

Jelang Haul Guru Sekumpul, 35 Pusaka Rasulullah Akan Dipamerkan Di Martapura

TERAS7.COM – Tak lama lagi Kota Martapura, Kabupaten Banjar akan kedatangan sejumlah pusaka peninggalan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat.

Sejumlah pusaka peninggalan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat ini akan dipamerkan di Kota Intan Martapura, terselenggara melalui kerja sama antara Geri Warisan MAR Malaysia dan Pemkab Banjar.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM. Aidil Basith usai mendampingi Bupati, H. Khalilurrahman dan Sekda Banjar, HM. Hilman menerima tamu dari Geri Warisan MAR Malaysia yang dipimpin Nik Abdul Nasser Bin Hamzah pada Selasa (21/1).

Kurang lebih akan dipamerkan 35 benda pusaka peninggalan Nabi Muhamad SAW dan Para Sahabat beliau, misalnya rambut, sepatu, bekas tapak kaki, darah bekam, tongkat, panah (busur), serban, tempat air minum zamzam, dan cemeti (cambuk) kuda yang semuanya milik Rasulullah SAW.

Lihat juga :  Usai Dibuka, Sekda Banjar Kunjungi Sentral Kuliner Pasar Martapura

Sejumlah milik Sahabat Nabi, antara lain pedang Muaz Bin Jabal, pedang milik Amru bin Ash, pedang milik Usman Bin Affan, pedang milik Ali Bin Abi Thalib, Alquran emas milik Kesultanan Turki Ustmani, dan banyak lainnya.

Bupati, H. Khalilurrahman dan Sekda Banjar, HM. Hilman menerima tamu dari Geri Warisan MAR Malaysia yang dipimpin Nik Abdul Nasser Bin Hamzah pada Selasa (21/1)

“Rencananya pameran akan kita gelar menjelang Haul ke-15 Guru Sekumpul di Balai Pertemuan di Indrasari dekat Stadion Demang Lehman, Martapura,” ungkap Basith.

Lihat juga :  Dibanding Januari 2019, Penderita DBD Kabupaten Banjar Per-Januari 2020 Menurun

Kadiskominfo menambahkan kegiatan pameran benda pusaka peninggalan Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk memperlihatkan secara nyata dan secara dekat kepada masyarakat bagaimana wujud dari benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.

“Bupati Banjar, H. Khalilurrahman saat menerima tamu dari Malaysia menyambut baik akan acara pameran yang digelar nanti. Beliau bahkan mengajak masyarakat di Kabupaten Banjar untuk sama-sama melihat langsung benda-benda bersejarah tersebut,” pungkas Basith.

Dishub Banjarbaru
Tampilkan Lebih Banyak

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close