Politik

Bawaslu Bangun Komitmen Netralitas ASN, TNI dan Polri di Kota Banjarbaru

TERAS7.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru melayangkan surat himbauan terkait netralitas ASN, TNI dan POLRI kepada Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru, Kapolres Kota Banjarbaru dan juga Dandim 1006 Martapura terkait dengan pengawasan netralitas ASN, TNI dan POLRI dalam tahapan Pilkada 2020.

Untuk Kepala BKPP dan pihak Polres Banjarbaru telah diserah terimakan, pada hari Selasa (28/01). Diterima langsung oleh Ibu Sri Lailana sebagai Kepala BKPP Kota Banjarbaru di kantornya, demikian juga dengan pihak Kapolres yang diterimakan oleh Kasat Reskrim Polres Kota Banjarbaru diruangan kerjanya AKP aryansyah.

“Kami melakukan upaya pencegahan diawal tahapan ini dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2020, agar pejabat Pembina Kepegawaian, seluruh Aparatur Sipil Negara, anggota TNI dan Polri dapat menjaga netralitasnya mewujudkan Pilkada yang demokratis, bermartabat dan berkualitas di Kota Banjarbaru”, kata Normadina selaku Kordiv Pencegahan, Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kota Banjarbaru.

Surat himbauan tersebut didalamnya menyampaikan beberapa aturan yang mengatur tentang Disiplin Pegawai Negeri, beberapa pointers dalam surat himbauan tersebut adalah menjaga integritas dan profesionalisme, serta menjunjung tinggi netralitas berdasarkan ketentuan perundang-undangan selama berlangsungnya tahapan Pilkada 2020.

Lihat juga :  Haji Fajri: "Cabup HST harus bersih dan tidak pernah terjerat hukum"

Mengoptimalkan pengawasan dan penegakan aturan kepada segenap ASN dilingkungan kerja untuk tetap menjaga netralitas dalam berbagai kegiatan atau yang mengarah keberpihakan atau konflik kepentingan sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan Pilkada Tahun 2020.

Ia melanjutkan, apabila PNS yang diduga melakukan pelanggaran disiplin netralitas dilaporkan, baik kepada unsur pengawas pemilu maupun kepada unsur pengawasan diinstasi pemerintah PNS yang bersangkutan, untuk dapat diperiksa atau diproses sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Dahtiar juga mengatakan, pertemuan dengan Kepala BKPP Kota Banjarbaru, dibahas juga bagaimana komitmen antar lembaga dalam mengawal Pilwali di Kota Banjarbaru.

Lihat juga :  Rumah Sakit dan Puskesmas Tetap Buka

“Ya, kedepan BKPP akan menyertakan Bawaslu dalam kegiatan sosialisasi terkait netralitas ASN. Ibu Kepala BKPP menyambut baik himbauan Bawaslu, dan akan memberikan kesempatan kepada kita untuk melakukan sosialisasi terkait Netralitas ASN dilingkungan Pemko Banjarbaru,” terangnya.

Diagendakan pada hari Kamis (30/01) Bawaslu Kota Banjarbaru kembali melayangkan surat himbauan yang ditujukan kepada Dandim 1006 Martapura.

Dishub Banjarbaru
Tampilkan Lebih Banyak

Sayyid Maulana Ahmad

Pimpinan Redaksi - Berpengalaman selama 3 tahun di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya, sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan, لا حول ولا قوة إلا بالله

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close