Pendidikan

Sambut Haul Guru Sekumpul, Disdik Banjar Liburkan Sekolah Selama 2 Hari

TERAS7.COM – Kurang lebih 2 minggu lagi, di Kota Martapura ibukota Kabupaten Banjar akan dilaksanakan Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, yaitu Ulama Kharismatik asal Kota Martapura yang lebih dikenal dengan nama Guru Sekumpul.

Diperkirakan jutaan orang akan hadir dalam haul yang digelar pada Sabtu malam, 29 Februari 2020 dan Minggu malam, 1 Maret 2020 ini.

Padatnya Kota Serambi Mekkah pada saat dan pasca pelaksanaan haul tersebut membuat aktivitas masyarakat Martapura seperti bekerja dan sekolah sedikit terganggu.

Karena itu Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar berencana untuk meliburkan seluruh sekolah selama 2 hari pada saat pra dan pasca haul.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Maidi Armansyah

Hal ini diungkapkan Kepala Disdik Banjar, Maidi Armansyah saat ditemui awak media di ruang kerjanya pada Selasa (12/2).

Lihat juga :  Beruntung, Rambut Bayi Ini di Potong Wakil Walikota Banjarbaru

“Pada saat pra dan pasca haul kami berencana untuk meliburkan siswa dan guru selama 2 hari. Pertama pada hari Sabtu, 29 Februari 2020 dan pada hari Senin, 2 Maret 2020,” ujarnya.

Pada hari Sabtu diliburkan karena persiapan menjelang haul, sementara pada hari Senin diliburkan karena akses jalan yang menyulitkan.

“Pada hari Senin tersebut para jamaah pulang daerah masing-masing, akibatnya jalanan macet. Dampak kemacetan tersebut tak hanya terjadi di Kota Martapura, tapi juga berdampak luas di seluruh Kabupaten Banjar hingga Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Gambut,” jelas Maidi Armansyah.

Selain itu pada hari Senin tersebut diliburkan untuk memberikan kesempatan bagi para guru yang menjadi relawan haul menangani beberapa masalah pasca haul seperti sampah dan lalu lintas.

Lihat juga :  Badan Riset KPP Klaim Metode Ini Tingkatkan Produksi Patin 4 Kali Lipat

Disdik Banjar kata Maidi Armansyah belun menerbitkan edaran mengenai hal ini, tapi sudah jauh-jauh hari memberikan sosialisasi kepada para Kepala Sekolah dan Guru melalui berbagai forum.

“Saat minggu-minggu mendekati haul baru edaran kita buat. Para siswa yang diliburkan juga kami berikan tugas kami himbau agar diberikan tugas ringan, misalnya meliput haul guru dan sebagainya,” pintanya.

Kantor Disdik Kabupaten Banjar yang berada di Desa Bincau, Kecamatan Martapura juga akan membuka posko bagi jamaah, lengkap dengan lahan parkir dan musholla. Selain itu beberapa sekolah yang ada di Kota Martapura juga difungsikan sebagai penginapan bagi jamaah haul.

Dishub Banjarbaru
Tampilkan Lebih Banyak

Rizki Saputera

Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya. Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan. JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali Ke Atas
Close
Close