Budaya

Meriah, Pembukaan MTQ Kabupaten Banjar Ke 44 Tampilkan Sabyan Gambus

TERAS7.COM – Bupati Banjar, H. Khalillurrahman membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Banjar ke 44 di Lapangan Gunung Sambung, Kecamatan Sambung Makmur pada Jumat malam (6/3).

Pembukaan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Banjar ke 44 ini dihadiri oleh ribuan peserta dari 20 kecamatan Se Kabupaten Banjar dan warga sekitar.

Masyarakat yang hadir dalam pembukaan MTQ ini dihibur oleh penampilan lagu-lagu bernuansa islami yang dibawakan oleh grup Sabyan Gambus.

Grup dengan vokalis Nissa Sabyan ini khusus didatangkan oleh Panitia MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Banjar ke 44 untuk menyemarakkan pembukaan MTQ.

Bupati Banjar, H. Khalillurrahman membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Banjar ke 44 di Lapangan Gunung Sambung, Kecamatan Sambung Makmur. Foto : MC Kab Banjar

Bupati Banjar yang akrab disapa Guru Khalil ini memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Sambung Makmur yang terlibat dalam kegiatan ini.

“MTQ merupakan salah satu jalan bagi kita ummat muslim untuk mendekatkan diri ke kitab suci Alquran sebagai pedoman hidup bermasyarat, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Guru Khalil menambahkan MTQ merupakan bahan evaluasi pembelajaran Alquran di tengah masyarakat dan upaya mendorong pendalaman ajaran agama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari atau membumikan.

“Jadikan Alquran sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan demi tercapainya masyrakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah,” pesannya.

Foto : MC Kab Banjar

Ketua Pelaksana MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Banjar ke 44 yang juga merupakan Camat Sambung Makmur, Sukasto menyampaikan ucapan terima kasih telah mempercayakan Kecamatan Sambung Makmur sebagai pelaksana MTQ tahun ini.

“Untuk menggelar kegiatan ini kita dibantu Pemkab Banjar dengan dana hibah sebesar 1 miliar rupiah serta ada juga bantuan dari masyarakat luas. MTQ ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 Maret sampai dengan 10 Maret 2020 mendatang dengan peserta sekitar 5000 orang,”ungkapnya.

Malam pembukaan MTQ ke 44 ini, Sekda Banjar, Kapolres Banjar, Kajari Kabupaten Banjar,Kepala SKPD Lingkup Pemda Banjar, Ulama, Habaib dan Tokoh Masyarakat.

Wakil Bupati Banjar yang juga merupakan Ketua LPTQ Banjar, Saidi Mansyur menambahkan moment ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para peserta.

“Karena dari pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini diharapkan dapat melahirkan qori dan qoriah yang dapat membawa Kabupaten Banjar ke tingkat selanjutnya, baik mengikuti MTQ tingkat Propinsi maupun Nasional,” ucapnya.

Saidi Mansyur menargetkan kafilah yang juara pada MTQ Nasional tingkat Kabupaten Banjar ini agar dapat membawa Kabupaten Banjar sebagai Juara Umum pada perhelatan MTQ tingkat propinsi selanjutnya.

Sebelum dibuka, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Banjar ke 44 pada Jumat sore (6/3) diawali dengan Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh Ribuan Kafilah dari 20 Kecamatan se Kabupaten Banjar. Foto : MC Kab Banjar

“Kami dari LPTQ Kabupaten Banjar, tentunya menginginkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya, dimana pada ajang MTQ tingkat propinsi tadi, Kabupaten Banjar juara umum ke -2,” harapnya.

Saidi Mansyur juga berpesan agar para kafilah dapat menjaga kesehatan dan memaksimalkan diri untuk mengikuti MTQ ke 44 ini.

“Ikuti arahan pendamping dan guru masing-masing, agar dapat berlomba dan bersaing dengan peserta dari kecamatan lainnya,” pesannya.

Sebelum dibuka, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Banjar ke 44 pada Jumat sore (6/3) diawali dengan Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh Ribuan Kafilah dari 20 Kecamatan se Kabupaten Banjar.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close