Sosial

Pemkab Batola Bantu Korban Kebakaran di Baliuk

TERAS7.COM – Peristiwa kebakaran yang melanda Desa Baliuk RT 02 Jalan Harianto MT Kecamatan Marabahan, Kamis (19/03/2020), sekitar pukul 02.40 Wita dinihari menjadi perhatian Pemkab Barito Kuala (Batola).
Wakil Bupati H Rahmadian Noor langsung melakukan peninjauan, Kamis (19/03/2020) siang. Kehadiran wabup yang didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sumarno selain untuk melihat dari dekat kondisi bekas kebakaran sekaligus menyampaikan bantuan tanggap darurat kepada para korban.
Jenis bantuan seperti terpal, mie instan atau lainnya ini diserahkan secara simbolis kepada salah satu korban disaksikan Camat Marabahan Eko Purnama Sakti dan anggota forkopimcam.
“Kami berharap melalui ini akan membantu kebutuhan mendesak dari para korban,” ucap wabup yang akrap disapa pak Rahmadi.
Dikesempatan kunjungan wabup ini BPBD Batola melakukan pendataan terhadap para korban dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan.
Periswita kebakaran yang melanda permukiman penduduk di Desa Baliuk RT 02 Jalan Harianto MT Kecamatan Marabahan ini berlangsung, Kamis (19/03/2020) dinihari. Peristiwa yang berlangsung sejak sekitar pukul 02.40 Wita itu sedikitnya menghanguskan enam rumah dan satu sarang walet.
Keenam bangunan rumah masing-masing milik Mantri Ufik, Kaya, almarhum Abang, Mawar, Suji dan Kikis. Sedangkan bangunan sarang walet yang terbakar adalah milik Aswadi.
Peristiwa kebakaran ini menyebabkan belasan warga terpaksa kehilangan tempat tinggal. Belum diperoleh keterangan penyebab dan dari mana api berasal. Petugas masih melakukan penyelidikan.
Dari selentingan informasi di lokasi kejadian menyebut api berasal dari rumah kosong. Kuat dugaan kejadian dipicu akibat korsleting listrik.
“Kami memperkirakan api disebabkan akibat arus pendek, karena rumah tersebut dalam keadaan kosong,” tutur warga yang enggan disebutkan namanya.
Untung saja peristiwa kebakaran yang berlangsung di malam buta ini tidak terdapat korban jiwa. Walau pun kerugian materi yang diderita mencapai ratusan juta rupiah.
“Kami memperkirakan kerugian cukup besar karena terdapat sarang walet serta rumah-rumah yang terbakar cukup besar,” timpal warga itu.
Kebakaran yang melanda Desa Baliuk ini sempat menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Mengingat kejadiannya berlangsung di permukiman yang tergolong padat dengan bangunan rata-rata berbahan kayu. Apalagi lokasinya berada di kawasan tepi sungai Barito yang biasanya sulit dipadamkan lantaran adanya tiupan angin serta sulitnya jangkauan pemadam.
Syukurnya, dalam kejadian kali ini justru berbeda. Belasan mobil pemadam yang datang dari Marabahan maupun dari luar seperti BPK/PMK BPBD Batola, Damkar Satpol-PP, Seman Fire, Nurul Iman, Raja Tumpang, Rescue 88, Ira Ton 3 HB, Berangas, Masta Bjm, Putra Daha Banjarmasin, Putra WBC, dan Emirat Banjarmasin bisa mencapai lokasi.
Kondisi itu ditunjang pula pasangnya air yang memudahkan para petugas pemadaman dibantu para relawan mengambil air. Petugas berhasil secara tuntas mengendalikan api sekitar pukul 04.00 Wita.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close