Kam. Jun 4th, 2020

Inspire, Innovate and Motivate

Ini Tata Cara Shalat Lailatul Qadar, Raih Ampunan di Bulan Ramadhan

2 min read

TERAS7.COM – Shalat lailatul qadar adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan ramadhan terutama saat diyakini bahwa suatu malam adalah malam lailatul qadar. Karena tidak ada kepastian kapan malam lailatul qadar akan datang maka umat muslim dapat melaksanakannya dari sejak permulaan malam ramadhan hingga sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan. 

Adapun tata cara shalat lailatul qadar akan dijabarkan seperti berikut ini.

Shalat lailatul qadar memiliki tata cara yang sama dengan shalat wajib atau shalat sunnah lainnya. Shalat lailatul qadar dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini

1. Membaca niat

Dalam melakukan suatu ibadah termasuk melaksanakan shalat lailatul qadar, kita wajib membaca niat dalam hati dan meyakinkan diri bahwa shalat yang dilaksanakan tersebut adalah shalat sunnah lailatul qadar. Adapun niat shalat lailatul qadar adalah sebagai berikut

“Ushalli Sunnata lailatil Qadri Arba’arakaatin Lillahi Ta’aalaa”

2. Takbiratul ikhram

Sama seperti shalat lainnya, shalat lailatul qadar dimulai dengan melakukan gerakan takbiratul ikram dengan membaca kalimat takbir yaitu ”Allaahhu Akbar”

3. Membaca surat Al fatihan dan surat pendek

Membaca Alfatihan pada rakaat 1 hingga rakaat keempat dan kemudian membaca surat At Takasur, Al Qadr, al ikhlas berturut-turut sebanyak tiga kali atau bisa juga membaca surat lain semampunya.

4. Tidak ada tahiyat Awal

Sedikit berbeda dengan pelaksanaan shalat wajib yang memiliki jumlah rakaat yang sama yakni empat rakaat, pada shalat lailatul qadar jika telah sampai pada rakaat kedua maka tidak perlu duduk tahiyat melainkan langsung bangun dan melanjutkan rakaat ketiga.

5. Tahiyat akhir pada rakaat keempat

Saat sampai pada rakaat keempat maka duduklah dan bacalah doa tahiyat yang sama dengan doa tahiyat pada shalat wajib. Setelah selesai membaca doa tahiyat akhir maka yang selanjutnya adalah melakukan salam.

6. Berzikir dan membaca doa

Setelah selesai melaksanakan shalat lailatul qadar dan menyempurnakan rakaatnya maka berzikir dan berdoalah kepada Allah dengan memohon ampun dan ridho dari Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.