Kesehatan

Seorang PDP Asal Rantau Badauh Tambah Jumlah Pasien Covid-19 Batola Jadi 52

TERAS7.COM – Jubir Tanggap Darurat Covid-19 Kabupaten Barito Kuala, dr Hj Azizah Sriwedari, kembali melaporkan penambahan pasien konfirmasi positif Covid-19.

 

“Hasil pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) terhadap 1 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dengan hasil positif,” kata Azizah, Selasa (19/5), Pukul 10.00 Wita.

 

Pasien baru dengan inisial nama Btl-52 ini, lanjutnya, adalah seorang perempuan, usia 54 tahun, domisili di wilayah Kecamatan Rantau Badauh.

 

“Pasien merupakan PDP dengan riwayat kontak belum bisa ditentukan. Saat ini pasien sedang dirawat di Rumah Sakit Ansari Saleh Banjarmasin,” tutur Azizah.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Batola ini, juga mengatakan, ada penambahan 2 orang PDP, sehingga saat ini PDP asal Bumi Ije Jela berjumlah menjadi 3 orang. PDP tersebut saat ini dirawat di RSUD Ulin 1 orang, dan di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin 2 orang. Adapun 3 orang PDP tersebut seluruhnya berasal dari Kecamatan Alalak, 2 orang dari Semangat Dalam, dan 1 orang dari Berangas.

 

Dengan tambahan satu pasien konfirmasi positif ini, kini jumlah pasien Covid-19 di Batola bertambah menjadi 52 orang. Dari 52 orang tersebut, baru 2 orang yang dinyatakan sembuh. Bahkan 1 orang telah meninggal dunia. Sementara sisanya 49 orang masih menjalani isolasi dan perawatan, dengan rincian; di RSUD Abdul Aziz Marabahan 25 orang, di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin 3 orang, di lokasi Karantina SKB Marabahan 7 orang, dan di lokasi Karantina Provinsi 14 orang.

 

Berikut ke 52 pasien positif Covid-19 Batola tersebar di beberapa kecamatan: yakni Kecamatan Alalak dengan jumlah 17 (1 orang meninggal dunia). Disusul Kecamatan Barambai dengan jumlah 14 orang. Selanjutnya Kecamatan Wanaraya dengan jumlah 11 (2 orang dinyatakan sembuh). Kemudian Rantau Badauh dan Mandastana dengan jumlah masing-masing 5 dan 3 orang. Diakhiri oleh Kecamatan Anjir Pasar dan Tamban dengan jumlah masing-masing 1 orang.

 

Dari jumlah keseluruhan 52 pasien Covid-19 Batola ini, diketahui 27 di antaranya berjenis kelamin perempuan. Angka ini telah melampaui pasien berjenis kelamin laki-laki yang berjumlah 25 orang.

 

Sementara itu, berdasarkan perkembangan pantauan Covid-19 Batola, saat ini masih terdapat 20 ODP (orang Dalam Pantauan) dan 74 OTG (Orang Tanpa Gejala).

 

ODP, paling banyak tersebar di Kecamatan Tabunganen dengan jumlah 6. Disusul Alalak dengan jumlah 5 (Semangat Dalam 4, Berangas 1). Marabahan 2. Kemudian Cerbon, Rantau Badauh, Mandastana, Wanaraya, Anjir Muara, Jelapat, dan Tamban dengan jumlah masing-masing 1 orang.

 

Sementara untuk OTG, paling banyak tersebar di Kecamatan Alalak dengan jumlah 37 (Semangat Dalam 26, Berangas 11). Disusul Kecamatan Tabunganen, Mandastana, dan Wanaraya dengan jumlah masing-masing 9, 8, dan 6 orang.

 

Kemudian Kecamatan Anjir Pasar dan Tamban dengan jumlah masing-masing 5 orang. Lalu Kecamatan Cerbon (Bantuil) dan Barambai dengan jumlah masing-masing 3 orang. Diakhiri Kecamatan Marabahan dengan jumlah 1 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close