Buka Penginapan Gratis, Ini Fasilitas Yang Ditawarkan SMKN 1 Martapura

Buka Penginapan Gratis, Ini Fasilitas Yang Ditawarkan SMKN 1 Martapura 1
Foto : istimewa
Buka Penginapan Gratis, Ini Fasilitas Yang Ditawarkan SMKN 1 Martapura 4

TERAS7.COM – Tak terasa pelaksanaan Haul KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni atau akrab disapa Guru Sekumpul ke 15 tinggal seminggu lagi, diperkirakan jutaan jamaah dari seluruh Kalsel bahkan luar Kalimantan akan hadir.

Haul yang akan digelar selama 2 hari, yaitu pada Sabtu, 29 Februari dan Minggu, 1 Maret 2019 mendatang ini membuat para jamaah, terutama yang berasal dari luar daerah harus menginap di Kota Martapura.

Beruntung cukup banyak penginapan gratis yang disediakan untuk jamaah dari luar daerah, berdasarkan data dari website resmi Ar-Raudhah Sekumpul tercatat ada 69 penginapan gratis di sekitar Kota Martapura dan Banjarbaru.

Daya tampungnya pun beragam, mulai dari 100 orang hingga 1000 orang, salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Martapura.

Buka Penginapan Gratis, Ini Fasilitas Yang Ditawarkan SMKN 1 Martapura 5
Koordinator Penginapan Gratis SMKN 1 Martapura, Mulkani

Koordinator Penginapan Gratis SMKN 1 Martapura, Mulkani saat ditemui pada Jumat sore (21/2) mengatakan sekolah yang berada di Jalan Pendidikan Ujung, Sekumpul ini mampu menampung jamaah hingga 500 orang pada malam haul akbar.

“Akan tetapi penginapan di tempat kami sudah penuh, bahkan di pesan oleh para jamaah jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan haul diumumkan,” ujarnya.

Jamaah yang dipastikan menginap tersebut berasal dari Samarinda sebanyak 250 orang, Tanah Bumbu sebanyak 125 orang, Kalteng sebanyak 25 orang, terakhir dari pulau Jawa sebanyak 30 orang.

SMKN 1 Martapura pun jelas Mulkani menjadi penginapan gratis untuk ke 3 kali-nya pada Haul Guru Sekumpul ke 15 ini dan memiliki fasilitas yang lengkap.

“Untuk penginapan kita menyediakan beberapa kelas dengan kapasitas 1 kelas sekitar 20 orang. Kita akan buka penginapan mulai dari Jumat sore (28/2) sampai Senin pagi (2/3),” katanya.

Buka Penginapan Gratis, Ini Fasilitas Yang Ditawarkan SMKN 1 Martapura 6
SMKN 1 Martapura yang dapat menampung hingga 500 orang jamaah haul ini memiliki 3 halaman yang akan dipasangi 3 layar proyektor. Foto : lapangan basket SMKN 1 Martapura

Selain penginapan, jamaah juga pun mendapatkan makanan gratis yang dananya berasal dari hasil swadaya guru-guru SMKN 1 Martapura dan sumbangan dari donator.

“Kami juga menyediakan makanan untuk jamaah yang menginap selama 3 hari tersebut. Misalnya pada tahun lalu kami menyediakan berbagai menu seperti nasi sop, bastek, mie instan dan sebagainya termasuk kopi jahe. Kami juga menyediakan lauk-lauk khas seperti ikan kering dan manday. Tapi untuk malam haul, nasi samin akan disediakan dapur umum, bukan kami yang menyediakan,” ungkap Mulkani.

Jamaah yang menginap pun tak perlu khawatir berebut untuk menggunakan tempat wudhu toilet, karena SMKN 1 Martapura memiliki dan mempersiapkan puluhan tempat wudhu dan toilet untuk kenyamanan jamaah.

Tak sampai disitu, tahun ini SMKN 1 Martapura jelas Mulkani akan memasang 3 layar proyektor di halaman upacara, halaman basket dan halaman parkir depan.

“Pada tahun kemarin sekolah belum kita buka, tahun ini kita akan buka sekolah untuk jamaah dari luar jika di jalan penuh sesak. Karena itu kita menyediakan 3 layar proyektor untuk jamaah,” tambahnya.

Untuk melayani jamaah yang menginap di SMKN 1 Martapura, Mulkani mengatakan ada sekitar 25 orang relawan dari anggota OSIS yang akan bertugas dan turut serta menjaga sekolah selama pelaksanaan haul.

Buka Penginapan Gratis, Ini Fasilitas Yang Ditawarkan SMKN 1 Martapura 7
Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)