Antisipasi Tahun Ajaran Baru Ditengah Pandemi, Disdik Banjar Susun Kurikulum Baru SMP

Antisipasi Tahun Ajaran Baru Ditengah Pandemi, Disdik Banjar Susun Kurikulum Baru SMP 1
Antisipasi Tahun Ajaran Baru Ditengah Pandemi, Disdik Banjar Susun Kurikulum Baru SMP 4

TERAS7.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar tengah menyiapkan kurikulum baru untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun ajaran baru yang akan disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih belum usai.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan SMP Disdik Banjar, Liana Penny mengatakan penyusunan kurikulum baru tersebut telah selesai namun masih dalam proses penjilidan .

“Kurikulum tersebut nantinya akan diimplementasikan pada tahun ajaran baru SMP yakni pada 13 Juli mendatang,” terangnya.

Liana Penny menjelaskan pembuatan kurikulum baru ini merupakan bentuk antisipasi jika tahun ajaran baru masih dilaksanakan dengan sistem daring atau luring, bukan kegiatan pembelajaran secara langsung atau tatap muka.

“Saat ini untuk wilayah Kabupaten Banjar masih dalam zona merah. Untuk mengantisipasi kelangsungan proses belajar mengajar, kami sudah siapkan kurikulum baru selama satu semester,” tambahnya.

Liana Penny menerangkan kurikulum baru ini sebenarnya juga sudah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, namun masih belum ada kejelasan mengenai pelaksanaannya.

“Karena belum ada kejelasan, jadi kami bersama tim LPMP propinsi membuat kurikulum baru yang lebih simpel dari kurikulum biasanya untuk daerah Kabupaten Banjar,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Kadisdik Banjar, Maidi Armansyah , menambahkan kurikulum baru untuk jenjang SMP memang sudah disiapkan sejak beberapa waktu yang lalu.

“Sedangkan untuk kurikulum baru jenjang SD masih dalam tahap penyusunan dan masih kami kreasikan. Kemungkinan untuk sementara masih memakai kurikulum terdahulu karena dari pihak Pusat masih belum ada juga mengeluarkan kurikulum baru untuk jenjang SD,” sebutnya.

Antisipasi Tahun Ajaran Baru Ditengah Pandemi, Disdik Banjar Susun Kurikulum Baru SMP 5
Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)