Bupati dan Ketua DPRD Batola Pesan Hand Sanitizer Olahan Forum Anak Daerah 

Bupati dan Ketua DPRD Batola Pesan Hand Sanitizer Olahan Forum Anak Daerah  1
Bupati dan Ketua DPRD Batola Pesan Hand Sanitizer Olahan Forum Anak Daerah  4
TERAS7.COM – Pada masa pandemi Covid-19 ini, hand sanitizer menjadi salah satu benda penting yang wajib dibawa saat berada di luar rumah.
Barangkali karena alasan itulah, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer bagi Forum Anak Daerah Selidah, Rabu (29/07/2020).
Acara yang berlangsung di aula kantor DPPKBP3A itu mendapatkan perhatian serius dari peserta yang kebanyakannya masih berstatus sebagai pelajar, dan usianya maksimal dibatasi hingga 18 tahun.
Bupati dan Ketua DPRD Batola Pesan Hand Sanitizer Olahan Forum Anak Daerah  5
“Dengan kegiatan pelatihan pembuatan hand sanitizer ini diharapkan dapat meminimalisir wabah Covid-19,” kata Zaki Faturrahim, salah seorang anggota Forum Anak Daerah, sembari ditambahkan oleh rekannya, Nazwa Fairus, “Memang ada kesulitan dalam pembuatan hand sanitizer, tetapi kesulitan itu menjadi mudah diatasi karena alat-alat yang telah disediakan oleh para pelatih.”
Sementara itu, Kasi Perlindungan Anak DPPKBP3A Kabupaten Batola Winda Rukmana mengungkapkan, hand sanitizer buatan Forum Anak Daerah Selidah ini sudah dipesan sebanyak 200 botol.
Tak tanggung-tanggung, timpal Winda, yang memesannya adalah Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dan Ketua DPRD Batola Saleh.
“Bupati pesan 100. Ketua DPRD juga pesan 100. Jadi total yang pesan sudah 200 botol,” terangnya.
Bupati dan Ketua DPRD Batola Pesan Hand Sanitizer Olahan Forum Anak Daerah  6
Winda mengatakan hand sanitizer buatan Forum Anak Daerah Selidah ini juga akan ditawarkan kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang ada di Kabupaten Batola.
“Selanjutnya akan kita tawarkan kepada seluruh SKPD yang ada di Kabupaten Barito Kuala, dan akan dijual Rp15 ribu per botol,” ungkapnya.
Hasil penjualan hand sanitizer ini, lanjut Winda, diusahakan akan menjadi anggaran kas Forum Anak Daerah. Karena selama ini kegiatannya hanya berasal dari dana APBD,
“Kalau untuk kas Forum Anak Daerah sendiri belum punya. Jadi diharapkan, kalau seandainya mereka sudah mempunyai kas sendiri, itu bisa mereka gunakan untuk kegiatan yang tidak hanya ada di anggaran APBD,” papar Winda.
Selama pelatihan tadi, sedikitnya Forum Anak Daerah Selidah dapat membuat hand sanitizer hingga sebanyak 2 liter.

Bupati dan Ketua DPRD Batola Pesan Hand Sanitizer Olahan Forum Anak Daerah  7
M. Amin MMG
Reporter - Berpengalaman di dunia jurnalistik, juga berkiprah di dunia sastra, setidaknya ada dua buku sastra yang telah ia terbitkan, berpuisi dan teater menjadi salah satu denyut dan nafas aktualisasi dirinya.