HUT Pramuka Ke 59 di Kabupaten Balangan Dilaksanakan Sederhana

HUT Pramuka Ke 59 di Kabupaten Balangan Dilaksanakan Sederhana 1
HUT Pramuka Ke 59 di Kabupaten Balangan Dilaksanakan Sederhana 4

TERAS7.COM – Kwartir cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Balangan telah menggelar, peringatan hari ulang tahun (HUT) Pramuka ke-59, yang dilangsungkan di Stadion Mini Martasura Paringin, dengan acara yang sederhana, Minggu (16/08).

Setiap kwartir ranting kecamatan hanya diperboleh mengirimkan, 10 orang putra dan 10 orang putri, dan harus menaati protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, dan jaga jarak minimal 1 meter.

Kegiatan ini mengusung tema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara, tema tersebut menjadi perwujudan semangat para Pramuka untuk membantu penanggulan masalah Covid-19.

HUT Pramuka Ke 59 di Kabupaten Balangan Dilaksanakan Sederhana 5

Dalam sambutan ketua Kwartir Ranting Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, yang di sampaikan Bupati Balangan selaku, Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Balangan, H Ansharuddin, menyampaikan meskipun gerakan pramuka pokosnya kepada pendidikan terhadap anak-anak dan remaja dan bukan bantuan sosial namun gerakan Pramuka tetap aktiv melaksanakan kegiatan sosial.

“Hal tersebut sejalan dengan kode kehormatan Gerakan Pramuka berupa Dwi-darma, Tri-satya, Dwi Darma dan Dasa Darma Pramuka, yang bagian utama adalah, untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat, menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat,” ucap Ansharuddin membacakan sambutan dari ketua kwarnas.

Lajutkan dia, kegiatan bakti sosial yang dilakukan para Pramuka itu merupakan bagian dari pembentukan karakter, untuk menumbuhkan kaum muda yang, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

HUT Pramuka Ke 59 di Kabupaten Balangan Dilaksanakan Sederhana 6

Semantara itu, akibat dari pandemi wabah Covid-19 menyebakan aktivitas masyarakat nyaris terhenti, seperti bidang perekonomian ataupun budaya, tidak lantas membuat kegiatan Pramuka ikut terhenti.

“latihan dan pembinaan gerakan Pramuka, yang sementara yang tidak dapat dilakukan secara terbuka dan melibatkan banyak orang, dapat di gantikan dengan pembinaan tatap muka secara secara terbatas dan mematuhi protokol kesehatan atau pun lewat kegiatan online,” terangnya.

Kegiatan ini di sambut baik oleh para peserta apel, Ilmi dari kwartir ranting Kecamatan Awayan mengatakan, kegiatan cukup menyenangkan bisa kembali merayakan apel Hut Pramuka walau tak seperti biasanya.

” Kegaitan apel, dalam rangka memperingati hari lahirnya Pramuka di Indonesia ini, Alhamdulillah dapat di laksanakan kembali pada tahun ini, meskipun cuma apel saja,” katanya.

Kami berharap, agar pandemi ini cepat berakhir dan kegiatan pramuka dapat di lakukan kembali, dan harapannya untuk tahun depan semoga bisa meriah seperti biasanya.

” Biasanya ada lomba lomba dalam kegiatan HUT Pramuka tapi karena pandemi ini, kegiatan dilakukan secara sederhana,” pungkasnya.

HUT Pramuka Ke 59 di Kabupaten Balangan Dilaksanakan Sederhana 7