Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama

Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 1
Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 4

TERAS7.COM – Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Banjar menggelar Latihan Bersama di Stadion Demang Lehman, Desa Indra Sari, Kecamatan Martapura pada Sabtu (26/1).

Latihan bersama yang diikuti oleh ratusan pemain Drum Band dari seluruh Kalsel ini dibuka oleh Ketua Umum PDBI Banjar, Nasrun Syah.

Kepada Teras7.com, Nasrun Syah mengatakan Latihan bersama ini merupakan salah satu program dari PDBI Banjar yang telah berdiri sejak tahun 2017 ini.

“Selain itu kita ingin agar para pemain drum band bisa bersilturahmi dan latihan bersama, jadi bisa saling menularkan ilmunya kepada kelompok lain,” ujarnya.

Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 5
Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 6
Ketua Umum PDBI Banjar, Nasrun Syah

Kegiatan latihan bersama yang pertama kali digelar di Kabupaten Banjar ini mendatangkan pelatih dari Jakarta dan diikuti 456 pemain drum band dari seluruh Kalsel.

“Sungguh luar biasa respon dari peserta yang mengikuti latihan bersama ini. Kami berharap semoga setelah latihan bersama ini peserta bisa menerapkan ilmu yang didapat dan berlatih lebih giat. Selain itu diharapkan drum band di Kabupaten Banjar semakin maju ke depan,” ungkap Nasrun Syah.

Sementara itu Ketua Harian PDBI Banjar, Muhammad Mukhlis menjelaskan alasan digelarnya latihan bersama ini karena tak ada kurangnya silaturahmi antar pemain drum band.

Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 7
Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 8
Ketua Harian PDBI Banjar, Muhammad Mukhlis

“Di setiap kejuaraan drum band sebagian besar para pemainnya serius untuk berlatih, karena itu latihan bersama ini kita gelar agar terjalin silaturahmi antara pemain drum band di Kalsel khususnya dan Kalimantan umumnya,” terangnya.

Latihan bersama yang digelar selama 1 hari penuh ini mengundang pelatih drum band dari Jakarta dan Kalimantan Timur yang memiliki keahlian dibidang masing-masing.

“Para pemain akan kita bagi jadi 3 caption. Caption pertama yaitu brass atau alat musik akan diisi oleh Andreas Manalu dari Jakarta. Untuk caption kedua yaitu Color Guard akan diisi Priyo Utomo dari Jakarta. Terakhir caption ketiga yaitu Percussion akan diisi Dhani Kribo dari Kaltim. Masing-masing caption akan berlatih sampai menjelang sore, kemudian hasil latihan selama satu hari akan ditampilkan pada sore hari,” jelas Mukhlis.

Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 9
Latihan bersama yang digelar PDBI Banjar ini diikuti 456 peserta dari seluruh Kalimantan Selatan

Berbeda dengan latihan bersama yang sebelumnya digelar di luar daerah, tahun ini PDBI Banjar membuat terobosan.

“Berbeda dengan latihan bersama di Kalsel yang membahas lagu-lagu, dalam latihan ini kita membahas dari basic karena kita berfokus pada peningkatan kualitas pemain agar skill bermain mereka meningkat. Harapannya selain kualitas pemain meningkat, silaturahmi juga bisa terjalin melalui kegiatan ini,” jelasnya.

Latihan bersama ini tambah Mukhlis juga menjadi ajang persiapan PDBI Banjar untuk menghadapi Porprov Tahun 2021 yang akan mempertandingkan olahraga drum band dan persiapan untuk melaksanakan kejuaraan drum band tingkat Kabupaten Banjar yang kemungkinan digelar akhir tahun 2020 atau pada awal tahun 2021.

Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 10
M. Rakbar Armansyah mengaku sangat tertarik mengikuti latihan bersama drum band seperti ini sejak lama

Latihan gabungan yang digelar PDBI Kabupaten Banjar ini disambut antusias oleh para peserta, salah satunya adalah M. Rakbar Armansyah.

Remaja yang sedang menempuh pendidikan di SMP Darul Hijrah Putra ini mengatakan sejak lama ia ingin mengikuti latihan bersama seperti ini.

“Ini kali pertama saya ikut. Menurut saya kegiatan ini cukup menarik dan dapat menambah ilmu dan pengalaman bagi saya,” kata remaja yang mengaku telah menjadi pemain drum band sejak kelas 5 SD ini.

Perdana Di Martapura, PDBI Banjar Gelar Latihan Bersama 11
Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)