Bersama HAS, Membangun Desa Menata Kota Perubahan “Nang Nyata”

Bersama HAS, Membangun Desa Menata Kota Perubahan "Nang Nyata" 1
Bersama HAS, Membangun Desa Menata Kota Perubahan "Nang Nyata" 4

TERAS7.COM – Pasangan Calon (Paslon) H Abdul Hadi – Supiani yang maju pada Pilkada Balangan 2020 dengan nomor urut 1, selain mengusung jargon Harmonis Amanah Sederhana (HAS), juga menyisipkan slogan “Asli Orang Balangan” dan “Menuju Perubahan”.

Mengapa harus memakai slogan “menuju perubahan” karena menurut Abdul Hadi, Balangan adalah kota indah, kaya akan budaya, dan diberi titipan kekayaan alam yang berlimpah, seperti tanah yang subur dan wisata alamnya tentu memerlukan pengelolaan yang baik.

Memiliki visi ke depan apabila terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan Periode 2021-2024, dengan Membangun Desa Menata Kota, menuju Kabupaten Balangan yang maju dan sejahtera.

Calon Bupati (Cabup) Abdul Hadi mengatakan, hakekatnya wajah dari sebuah “Kabupaten yang lebih maju dan sejahtera”, adalah sebuah profil Kabupaten Balangan yang memiliki masyarakat yang berkemajuan dari sisi pembangunan.

Bersama HAS, Membangun Desa Menata Kota Perubahan "Nang Nyata" 5

“Untuk meningkatkan ekonomi desa, maka dibutuhkan dukungan dan dorongan dari pemerintah terutama bersinerginya pemerintah Provinsi dan Daerah bersama-sama kita ‘Membangun Desa dan Menata Kota’, dan itu sangat berarti, punya makna mendalam dengan visi kami berdua,” tuturnya.

Bersama HAS, Membangun Desa Menata Kota Perubahan "Nang Nyata" 6
Paslon nomor urut 1 ingin membangun desa mulai dari infrastruktur, pengembangan potensi-potensi desa, membangun SDM desa (pic : pixabay)

“Artinya kita sama-sama membangun desa mulai dari infrastruktur, pengembangan potensi-potensi desa, membangun SDM desa, bahkan kita bisa memanfaatkan teknologi untuk kemajuan Desa, karena masyarakat berhak sejahtera,” ungkapnya.

Abdul Hadi juga menyebutkan peningkatkan ekonomi dimulai dengan pembangunan infrastruktur desa, karena dapat menjadi kunci utama kemajuan ekonomi di sebuah desa, infrastruktur menjadi poin penting sebuah desa dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, di mana akan memudahkan masyarakat melakukan mobilisasi barang dan jasa keluar dan masuk desa.

Dijelaskan dia, hal ini dapat terwujud apabila hasil pembangunan dapat berdaya guna dan bernilai guna, serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat untuk menuju masyarakat sejahtera, agamis, aman, dan damai.

Kehidupan masyarakat yang agamis, keadaan yang tertib dan aman, serta masyarakat yang sejahtera. Dalam arti yang lebih luas adalah hasil pembangunan Kabupaten dapat dinikmati dan dirasakan oleh Masyarakat.

Selan pembangunan desa sangat yang penting, dan yang tak kalah pentingnya menata wajah kota kabupaten supaya indah.

Penataan kota harus dilakukan, itu dikarenakan dibandingkan kabupaten tetangga ataupun kabupaten yang seusia Bumi Sanggam, Bumi Sanggam cukup tertinggal.

“Melihat hal itu HAS berkomitmen ingin merubah posisi yang tertinggal ini, supaya bisa sejajar penataan kotanya, paling tidak sejajar dengan kabupaten tetangga, tidak perlu di atas, cukup sejajar sudah bagus, tapi kami akan berusaha untuk menjadikan yang terbaik di antara kabupaten lainnya,” katanya.

Karena lanjutnya, ketika dibandingkan infrastruktur pusat kota kabupaten dengan Kecamatan Batu Kajang, dilihat dari panjang jalan kembarnya, kalau diukur panjang, Balangan sudah kalah.

Bahkan ujarnya, di sana sudah terpasang traffic light nya. Kini di Kalimantan Selatan, hanya Kabupaten Balangan, satu satunya kabupaten yang tidak memiliki traffic light (lampu merah-red).

“Sehingga Itulah visi HAS ingin menata kota membangun desa, yang menimbulkan perubahan di Kabupaten Balangan, membangun desa supaya masyarakat nyaman dan sejahtera, serta menata kota supaya lebih cantik ketika terlihat oleh mata,” ungkapnya.

Bersama HAS, Membangun Desa Menata Kota Perubahan "Nang Nyata" 7
Muliadi warga Desa Kalahiang

Sementara itu menurut Muliadi salah seorang warga asal Desa Kalahiang, Kabupaten Balangan, Ia yakin dan optimis bahwa bersama HAS, pembangunan di kabupaten Balangan akan lebih baik.

“Melihat dari niat tulus dan narasi yang terukur ketika beliau menyampaikan program unggulan beliau, perencana yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, dibanding orang yang dari awal tidak punya perencanaan,” katanya.

“Saya sangat yakin, insya Allah, bersama HAS akan membawa perubahan di bumi sanggam tercinta ini,” harapnya.

Bersama HAS, Membangun Desa Menata Kota Perubahan "Nang Nyata" 8