Pemkab Banjar Gelar Diskusi Rencana Pembangunan Wilayah Sekumpul Tahap 1

Pemkab Banjar Gelar Diskusi Rencana Pembangunan Wilayah Sekumpul Tahap 1 1
Pemkab Banjar Gelar Diskusi Rencana Pembangunan Wilayah Sekumpul Tahap 1 4

TERAS7.COM – Pemerintah Kabupaten Banjar gelar forum diskusi tahap 1 Penyusunan Rencana Pembangunan Insfrastruktur pemukiman wilayah Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar pada Selasa (22/9).

Forum diskusi yang dipimpin Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan Dardjat Widjunarso ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM. Hilman, Kepala Bappedalitbang Banjar Galuh Tantri Narindra, tim konsultan Kementrian PUPR, koordinasi lintas SKPD, PLN, TELKOM, PDAM dan stakeholder terkait.

Forum diskusi dilaksanakan dengan tujuan mendengarkan saran dan masukan sekaligus menyamakan persepsi dari peserta diskusi, tentang penyusunan rencana pembangunan infrastruktur pemukiman wilayah Sekumpul yang nantinya pelaksanaan tahap 1 akan dilaksanakan mulai tahun 2021 hingga 3 tahun kedepan.

Pemkab Banjar Gelar Diskusi Rencana Pembangunan Wilayah Sekumpul Tahap 1 5

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan, Dardjat Widjunarso mengatakan perlu adanya kerjasama lintas sektor demi perbaikan penataan wilayah Sekumpul kedepannya sehingga dapat diwujudkan kawasan Sekumpul sebagai kawasan religius, dinamis, tertata dan dapat meningkatkan kegiatan religi, sosial dan ekonomi masyarakat.

“Perlu kerjasama pemerintah daerah dengan pihak terkait demi kelancaran penataan kawasan Sekumpul kedepannya dan berharap proses pembangunan bisa tepat waktu sesuai deadline,” ucapnya.

Sementara itu tim konsultan Kementerian PUPR Taufik menyampaikan pemaparan visi dan misi Penataan Ruang Kawasan Sekumpul diantaranya :

Pemkab Banjar Gelar Diskusi Rencana Pembangunan Wilayah Sekumpul Tahap 1 6

Visi: Mewujudkan tata ruang Sekumpul yang dapat mewadahi berkembangnya kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan yang bertumpu kepada pengembangan ekonomi melalui porensi religi dan potensi kota Martapura.

Misi :

– Menciptakan kondisi ruang kota yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan potensinya ,dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi khas Martapura yang berdaya saing global.

– Menciptakan kondisi ruang kota yang mampu mewujudkan sinkronisasi antara religi dan ekonomi masyarakat

– Memelihara dan revitalisasi potensi kesejarahan dan religi yang mampu menciptakan kehidupan sosial, ekonomi dan budaya yang berkualitas.

Pemkab Banjar Gelar Diskusi Rencana Pembangunan Wilayah Sekumpul Tahap 1 7
Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)