Janda Bolong Jadi Primadona

Janda Bolong Jadi Primadona 1
Yanti, Warga Banjarbaru, Pengoleksi Tanaman Janda Bolong.
Janda Bolong Jadi Primadona 4

TERAS7.COM -Kurangnya kegiatan akibat pandemi, membuat sebagian orang mencari alternatif baru guna menghilangkan rasa suntuk, salah satunya dengan mengoleksi tanaman hias.

Salah satu tanaman hias yang menjadi primadona saat ini ialah, Janda Bolong, namanya terdengar agak aneh, namun jangan salah, bentuk tanaman ini sedap dipandang mata.

Janda Bolong Jadi Primadona 5

Seperti yang diungkapkan oleh Pemilik Kebun Tanamaman Hias di Banjabaru, H Atmo, dia mengatakan bahwa tanaman hias tersebut mulanya ia menyebut Anata Lobang, dan dimasa sekarang sebutan untuk tanaman hias tersebut berubah menjadi Janda Bolong.

Janda Bolong Jadi Primadona 6

Dia menyebutkan bahwa tanaman Janda Bolong ini awalnya hanya berharga Rp 35.000, dan sekarang harga nya sudah melonjak sampai dengan Rp 75.000.

“Dulu isi 7 batang harganya Rp 35.000, sekarang isi 3 batang harganya Rp 75.000,” ujarnya saat ditemui di Kebun Tanaman Hias miliknya di Kelurahan Mentaos, Kota Banjarbaru.

Janda Bolong Jadi Primadona 7
Pemilik Kebun Tanamaman Hias di Banjabaru, H Atmo.

Dia mengatakan sejak dia merintis usahanya dari tahun 1969, sudah dua kali tanaman hias Janda Bolong ini naik daun, dan penjualan paling banyak menurutnya sampai 10 batang dalam satu hari.

“Sejak saya mulai merintis pada tahun 1969, sudah dua kali tanaman ini ramai digemari, pertama tahun 2006, kemudian yang kedua tahun 2020 ini,” ujarnya.

H Atmo juga menuturkan bahwa perawatan tanaman hias Janda Bolong ini pun sangatlah mudah, tidak ada perlakuan khusus dalam merawatnya.

Janda Bolong Jadi Primadona 8

“Tanamanya kalau musim hujan, tahan sampai 3-4 minggu tidak disiram, dan
untuk perawatannya juga gampang, disiram seperti biasa, tidak ada perlakuan khusus,” ujarnya.

Sementara itu di lain tempat, Yanti pecinta tanaman hias mengatakan bahwa dia mengoleksi Janda Bolong sudah lama, sejak masih bekerja hingga sudah bekeluarga.

Dan untuk perawatan Janda Bolong sendiri, dia mengatakan hanya perlu disiram dua kali sehari, pada pagi dan sore menjelang malam.

Janda Bolong Jadi Primadona 9
Yanti, Warga Banjarbaru, Pengoleksi Tanaman Janda Bolong.

“Kalau untuk perawatannya gampang, cukup disiram pagi sama habis magrib saja,” pungkasnya.

Yanti juga mengatakan bentuk daun yang berlubang di Janda Bolong, membuat tanaman tersebut terkesan unik dan lucu, sehingga membuat ia kepincut untuk mengoleksi tanaman hias tersebut.

Janda Bolong Jadi Primadona 10
Muhammad Ariandi
Jurnalis - Provinsi Kalimantan Selatan