Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan

Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan 1
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor Serahkan piagam dan hadiah kepada Kota Banjarbaru sebagai Kota terbaik pengelolaan sampah.
Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan 4

TERAS7.COM – Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru berhasil raih Juara I Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor Serahkan piagam dan hadiah kepada Kota Banjarbaru sebagai Kota terbaik pengelolaan sampah.

Kegiatan berlangsung di Bank Sampah Benawa Raya Mandiri Kelurahan Guntung Manggis, Kota Banjarbaru, pada Selasa (15/9).

Dalam kesempatannya Sahbirin Noor menyerahkan kadiah dan juga alat kebersihan pada kegiatan yang bertajuk World Clean Up Day (WCD) Indonesia Tahun 2020.

“Hari ini kita lihat di berbagai kota dan kabupaten termasuk Banjarbaru mendapat yang terbaik, mudah-mudahan Banjarbaru menjadi pelopor sejatinya kepada kita semua warga Kalsel,” ujar gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin.

Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan 5

Ia juga megajak seluruh masyarakat untuk terus menigkatka kesadaran dalam menjaga kebersihan.

Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan 6
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor Serahkan piagam dan hadiah kepada Kota Banjarbaru sebagai Kota terbaik pengelolaan sampah.

“Tempat-tempat yang tadinya banyak sampah sudah terpelihara dan sudah tercover tidak terbiarkan, jadi mari kita terus perbaiki lingkungan kita. Kita berharap jadi suatu saat lingkungan dimana hanya Kalimantan Selatan menjadi bersih agama juga mengajarkan an-nur bersihan itu sebagian dari iman,” lanjutnya.

Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan yang juga berhadir mendapingi Paman Birin bersyukur karena apa yang telah dicapai hari sesuai dengan visi misi Kota Banjarbaru sebagai kota pelayanan yang berkarakter.

Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan 7

“Mewujudkan Kota Banjarbaru menjadi kota pelayanan yang berkarakter di mana salah satunya karakternya adalah cinta lingkungan kemudian juga kita ingin membentuk kota yang tertata bersih indah nyaman dan berwawasan lingkungan,” katanya.

Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan 8
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor Serahkan piagam dan hadiah kepada Kota Banjarbaru sebagai Kota terbaik pengelolaan sampah.

“Mudah-mudahan menjadi motivasi bagi bank sampah bank sampah yang lain bagi masyarakat seluruh warga Kota Banjarbaru untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan bagaimana cara kita mengelola sampah, baik organik maupun anorganik menjadi sesuatu yang bermanfaat bernilai ekonomis, sehingga kedepannya Banjarbaru lebih besih,” tandasnya.

Adapun secara lengkap pemenang Lomba Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat diraih oleh:

Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru (Juara I)

Bank Sampah Kayuh Baimbai Kabupaten Tanah Laut (Juara II)

Bank Sampah Al Jihad Kota Banjarmasin (Juara III)

Bank Sampah Aisyiah Kabupaten Banjar (Harapan I)

Bank Sampah Asrama Militer Kabupaten Barito Kuala (Harapan II)

Banjarbaru Lebih Bersih: Bank Sampah Benawa Kota Banjarbaru Raih Kemenangan 9
Sayyid Maulana Ahmad
Pemimpin Redaksi - Berpengalaman sejak tahun 2015 di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya. Sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan.