Jelang Hari Jadi ke 70, Jajaran Pemkab HSS Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten

Jelang Hari Jadi ke 70, Jajaran Pemkab HSS Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten 1
Jelang Hari Jadi ke 70, Jajaran Pemkab HSS Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten 4
TERAS7.COM – Jelang peringatan hari jadi ke-70 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melakukan ziarah ke beberapa makam pendiri kabupaten serta pembina ketua Korpri, Jumat (20/11) kemaren.
Prosesi ziarah dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Muhammad Noor dan jajarannya serta Ketua MUI Kabupaten HSS, TGH Riduan Basri (Guru Kapuh) dan KH Mochyar Dahri.
“Ziarah ini menjadi tradisi setiap tahunnya saat menjelang peringatan hari jadi kabupaten sebagai bentuk penghormatan kepada beliau semua,” ucap Achmad Fikry.
Ziarah sendiri dimulai dari makam H Kasyful Anwar, Bupati HSS periode 1950-1959 dan 1960-1963 di Desa Karang Jawa, Kota Kandangan, dilanjutkan ke makam pendiri Kabupaten HSS, H Darham Hidayat yang juga sebagai orang tua Bupati Achmad Fikry di Muara Banta.
Jelang Hari Jadi ke 70, Jajaran Pemkab HSS Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten 5
Kemudian rombongan menuju makam H Saidul Hudarie, Bupati HSS periode 1993-1998 dan 1998-2003, di Kelurahan Jambu Hilir serta makam Sekda HSS/Ketua Korpri, H Asnawi Numberi di Desa Amawang Kanan.
Tidak hanya itu para peziarah juga menyambangi makam Drs HA Gafuri, selaku Bupati HSS periode 1983-1988, yang mana dilanjutkan ke makam Bupati HSS HM Arlan, di Desa Gambah Luar, serta berakhir di makam Sekda HSS, Drs HM A Yunanie, di Kandangan Kota.
“Kami mendoakan semoga arwah para pendiri, mantan bupati dan mantan sekda ini mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah SWT,” tutur Bupati HSS.
Jelang Hari Jadi ke 70, Jajaran Pemkab HSS Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten 6
Achmad Fikry berharap apa yang dilakukan almarhum untuk membangun Kabupaten HSS sewaktu masih hidup dapat menjadi amal jariah bagi mereka.
“Meraka semua adalah orang-orang yang sangat berjasa dalam sejarah Kabupaten HSS, semoga perjuangan yang dilakukannya dapat dilanjutkan penerusnya untuk menjadikan daerah lebih maju dan berkembang,” harapnya.
Diterangkan lebih lanjut, doa yang di panjatkan bukan hanya diberikan bagi yang dimakamkan di HSS saja, namun melainkan ditujukan kepada seluruh almarhum yang pernah terlibat dalam kemajuan Kabupaten HSS karena telah memberikan darma baktinya.
“Mudah-mudahan ini menjadi pendorong kami selaku generasi penerus untuk bisa melanjutkan perjuangan para pendahulu seperti yang mereka cita-citakan,” tandasnya.

Salma Septiani
Kontributor - Wilayah Kabupaten Tapin dan HSS