Kesbangpol Batola Gelar Sosialisasi Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya 

Kesbangpol Batola Gelar Sosialisasi Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya  1
Kesbangpol Batola Gelar Sosialisasi Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya  4
TERAS7.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Rabu (14/10/2020), menggelar acara sosialisasi bidang ketahanan ekonomi, sosial dan budaya, di aula kantor Badan Kesbangpol setempat.
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Batola Nooripani, saat membuka kegiatan menyatakan, bahwa bidang ketahanan ekonomi, sosial dan budaya adalah bagian dari ketahanan Nasional Negara Indonesia.
Karena itu, ia berharap, agar peserta sosialisasi bisa mengikuti kegiatan dengan serius.
“Tanyakanlah kepada narasumber, apa sebenarnya yang sedang terjadi dengan ketahanan ekonomi, sosial dan budaya, terlebih saat pandemi Covid-19 masih belum berakhir,” timpalnya.
Sementara itu, Dr Hj Ratna Rosana, selaku Kabid Hanseni, Ekonomi, Agama, Kemasyarakatan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, yang juga bertindak sebagai salah seorang narasumber, lebih banyak berbicara tentang perubahan sosial, macam-macam dan bentuk-bentuk perubahan sosial, serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial.
Diterangkannya, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistem sosialnya.
“Termasuk di dalamnya nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok dan masyarakat,” tambah Ratna.
Pada kesempatan yang sama, ia juga bercerita tentang realitas Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang pluralitas dan bangsa yang majemuk dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.
“Sehingga posisi dan eksistensi kebudayaan merupakan salah satu instrumen perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Ratna.
Kendati begitu, diakuinya, dampak dari arus globalisasi telah mendorong hasil karya, cipta dan rasa manusia secara fisik dan budaya nonfisik, yang diwujudkan dalam perilaku dan berpikir sudah mengalami perubahan dan pergeseran.

Kesbangpol Batola Gelar Sosialisasi Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya  5
M. Amin MMG
Reporter - Berpengalaman di dunia jurnalistik, juga berkiprah di dunia sastra, setidaknya ada dua buku sastra yang telah ia terbitkan, berpuisi dan teater menjadi salah satu denyut dan nafas aktualisasi dirinya.