Pemkab HSS Harapkan Sungai Amandit Layak Jadi Venue Cabor Arung Jeram

Pemkab HSS Harapkan Sungai Amandit Layak Jadi Venue Cabor Arung Jeram 1
Pemkab HSS Harapkan Sungai Amandit Layak Jadi Venue Cabor Arung Jeram 4
TERAS7.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyambut baik adanya kegiatan pelatihan Juri dan wasit Nasional yang digelar oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalimantan Selatan (Kalsel) di Sungai Amandit, Kecamatan Loksado, Minggu (22/11).
Dengan digelarnya pelatihan tersebut, pihaknya optimistis dalam pergelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel ke XI tahun 2020 mendatang sungai Amandit layak menjadi venue pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Arung Jeram.
Perwakilan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS, Moh Zakir Maulidi menerangkan, selain menjadi lokasi pelatihan juga sebagai salah satu penilaian terhadap kondisi sungai Amandit yang rencananya akan dijadikan salah satu venue di Porprov mendatang.
“Kita bersyukur FAJI Kalsel memilih lokasi pelatihan di tempat ini, sehingga kita bisa meminta masukan mereka tentang kondisi sungai Amandit yang direncanakan sebagai venue pertandingan Arung Jeram,” ucap Zakir.
Pemkab HSS Harapkan Sungai Amandit Layak Jadi Venue Cabor Arung Jeram 5
Selain menjadi tolak ukur kondisi venue, kehadiran para peserta pelatihan juga disambut antusias oleh Pemkab setempat dikarenakan juga akan berdampak positif bagi perkembangan pariwisata.
“Dengan kedatangan peserta dan tamu undangan kita juga bisa sekaligus mempromosikan lokasi pariwisata yang ada disini, dengan harapan mereka akan tertarik berkunjung kembali untuk sekedar berwisata,” terangnya.
Senada dengan Pengelola Amandit Loksado Lestari (ALL) Outbound Camp, Syarifur Rahman juga merasa senang lantaran tempat yang ia kelola menjadi lokasi penyelenggaraan pelatihan juri dan wasit nasional Arung Jeram.
Pemkab HSS Harapkan Sungai Amandit Layak Jadi Venue Cabor Arung Jeram 6
“Pastinya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena selain peserta yang hadir dari berbagai daerah di Kalsel, tamu undangannya pun berasal dari Ibu Kota Jakarta yakni ketua Umum PB FAJI,” tuturnya.
Selama pelaksanaannya pihak penyedia lokasi melayani seluruh peserta dan tamu undangan sesuai dengan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19, sehingga dengan penerapan ini diharapkan dapat menjadi nilai plus bagi tamu yang ada.
“Harapannya mereka nanti bisa menceritakan ke teman-temanya dan merekomendasikan Loksado sebagai lokasi wisata yang nyaman dan aman dari Pandemi Covid-19,” pungkasnya.
Dalam pelaksanaan Porprov ke XI mendatang, Kabupaten HSS merencanakan dua opsi lokasi venue Cabor Arung Jeram yakni di Sungai Amandit dan satu lokasi cadangan di Sungai Nagara.

Salma Septiani
Kontributor - Wilayah Kabupaten Tapin dan HSS