Potensi Luar Biasa, Akses Nelayan Masih Terbatas

Potensi Luar Biasa, Akses Nelayan Masih Terbatas 1
Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kalimantan Selatan, Ir Hj Suryatinah.
Potensi Luar Biasa, Akses Nelayan Masih Terbatas 4

TERAS7.COM – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kalimantan Selatan, Ir Hj Suryatinah mengatakan bahwa potensi kalsel di sektor kelautan dan perikanan itu sangat luar biasa.

Suryatinah mengungkapkan bahwa dengan panjang pantai 13.000 km dan potensi lautnya yang mencapai 3000 meter persegi, akses nelayan di Kalsel masih sangat terbatas.

“Hanya saja nelayan kita mempunyai akses ke laut yang terbatas, ini menjadi PR kita untuk memberikan fasilitas kepada mereka,” ujarnya saat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Ia juga menerangkan bahwa yang terpenting sekarang ialah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam hal ini nelayan, agar bisa mumpuni dalam hal kelautan dan perikanan.

Potensi Luar Biasa, Akses Nelayan Masih Terbatas 5

Potensi Luar Biasa, Akses Nelayan Masih Terbatas 6

“Kita regenarasi nelayan sekarang dengan anak-anak dari nelayan, karena jumlah nelayan kita puluh ribu KK, kalau dikonversi ke jumlah jiwa, itu ada ratusan ribu,” ujarnya.

Dia juga mengatakan pihaknya akan memberikan moderenisasi dengan menyediakan alat yang canggih, serta melakukan sosialiasi terkait perikanan untuk calon nelayan muda tersebut.

“Perikanan itu sangat bagus untuk investasi, karena investasi hanya saat di awal, setelahnya hanya akan memanen dan memelihara, dan kalau perlu kita akan kerjasama dengan BLK jika mereka ingin pelatihan nelayan,” ujarnya.

Sementara itu, Staff Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan mewakili PLT Gubernur Kalsel, Fathurahman mengatakan bahwa Kalimantan Selatan memiliki potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar, hal itu bisa dilihat dari banyaknya jumlah penduduk yang hidup dari sektor tersebut.

Potensi Luar Biasa, Akses Nelayan Masih Terbatas 7

“Semua itu menunjukan betapa penting peranan sektor kelautan dan perikanan serta nelayan dalam menunjang pembanguan daerah kita,” ujarnya.

Fathurahman mengatakan itulah sebabnya pemerintah terus melucurkan beberapa program untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan.

Kemudian, dia menambahkan pemprov melalui pihak terkait juga akan memberikan dukungan melalui fasilitas untuk menunjang kemajuan nelayan di Kalsel.

“Yang jelas provinsi sangat mendukung demi kemajuan nelayan kita,” pungkasnya.

Potensi Luar Biasa, Akses Nelayan Masih Terbatas 8
Muhammad Ariandi
Jurnalis - Provinsi Kalimantan Selatan