Charta Politika Rilis Survei Jelang Pilkada Banjarbaru, Pasangan Martinus – Jaya Unggul

Charta Politika Rilis Survei Jelang Pilkada Banjarbaru, Pasangan Martinus - Jaya Unggul 1
Charta Politika Rilis Survei Jelang Pilkada Banjarbaru, Pasangan Martinus - Jaya Unggul 4

TERAS7.COM – Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru, merilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Dalam Press Releasenya, Charta Politika Indonesia memaparkan pihaknya menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Kota Banjarbaru, menjelang pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Pengumpulan data sendiri dilakukan pada tanggal 8-13 Oktober 2020 yang lalu, melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan jumlah sampel sebanyak 440 responden yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Banjarbaru.

Dalam survei ini yang menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling), dengan margin of error ± (4,8%) pada tingkat kepercayaan 95% ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik.

Pada temuan pertama, Charta Politika menemukan bahwa masyarakat Banjarbaru secara umum sudah mengenal calon kepala daerah yang berkompetisi di Kota Banjarbaru, baik pada kategori Calon Walikota maupun Wakil Walikota yang masing-masing sudah memiliki tingkat pengenalan di atas 60%.

Charta Politika Rilis Survei Jelang Pilkada Banjarbaru, Pasangan Martinus - Jaya Unggul 7

Nama calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, menempati urutan pertama dengan tingkat pengenalan di masyarakat sebesar 98% dan tingkat kesukaan 98,6%, disusul pasangannya yakni Calon Wali Kota Banjarbaru, Martinus dengan tingkat pengenalan 85,9% dan tingkat kesukaan 98,7%.

Charta Politika Rilis Survei Jelang Pilkada Banjarbaru, Pasangan Martinus - Jaya Unggul 8

Sementara urutan ketiga ditempati calon Wali Kota Banjarbaru, Gusti Iskandar dan urutan keempat ditempati calon Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin.

Kemudian urutan ke lima ada calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, AR Iwansyah dan posisi paling buncit yaitu calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono.

Tak jauh beda, elektabilitas tertinggi pun diraih pasangan Martinus – Darmawan Jaya Setiawan, baik elektabilitas secara perseorangan maupun elektabilitas pasangan.

Besar elektabilitas pasangan ini sendiri berada diatas 40%, jauh berada diatas dibandingkan elektabilitas pasangan lain yang baik secara perorangan maupun berpasangan tidak lebih dari 16%.

Awareness atau pengetahuan publik di Banjarbaru atas pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang sudah sangat merata sebesar 90%, dengan antusiasme masyarakat mengikuti Pilkada yang cukup tinggi, yakni sebesar 84,1%.

Tingginya elektabilitas pasangan Martinus – Darmawan Jaya Setiawan sendiri diakibatkan kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintah Kota Banjarbaru selama dibawah kepemimpinan duet (alm) Nadjmi Adhani – Darmawan Jaya Setiawan sebesar 82,5%.

Hal ini tercermin pula dengan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Darmawan Jaya Setiawan sebagai Wakil Wali Kota Banjarbaru selama periode ini sebesar 85%.

Kepuasan masyarakat yang cukup tinggi ini sendiri didapatkan karena 65,9% responden merasakan adanya perubahan di Kota Banjarbaru selama kepemimpinan duet Nadjmi – Jaya, dimana perubahan tersebut dirasakan pada pembangunan jalan/jalan tidak berlubang sebesar 44,1% dan kemudahan mengurus administrasi di kecamatan dan kelurahan sebesar 20,7%.

Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)