Sambangi Bawaslu Banjarbaru, ketua Bawaslu RI Pastikan Petugas Pengawas Tidak Berpotensi Menularkan Covid-19

Sambangi Bawaslu Banjarbaru, ketua Bawaslu RI Pastikan Petugas Pengawas Tidak Berpotensi Menularkan Covid-19 1

TERAS7.COM – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Kepala Daerah Tahun 2020, ketua Bawaslu RI Abhan kunjungi Bawaslu Kota Banjarbaru, Senin (06/07).

Bertempat di Kantor Bawaslu Kota Banjarbaru, Ketua Bawaslu RI disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Dahtiar bersama jajarannya, dihadiri juga oleh Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, Ketua DPRD Kota Banjarbarbaru Fadliansyah Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto dan Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso.

Kedatangan Ketua Bawaslu RI ke Bawaslu Kota Banjarbaru merupakan yang terakhir di Kalimantan Selatan, yang mana sebelumnnya ia sudah mengunjungi ke 7 Bawaslu Kabupaten Kota di bumi Lambung Mangkurat, diantaranya Bawaslu Kotabaru, Bawaslu Tanah Bumbu, Bawaslu Hulu Sungai Selatan, Selatan Bawaslu Hulu Sungai Tengah, Bawaslu Balangan, Bawaslu Kabupaten Banjar, Bawaslu Banjarmasin dan terakhit Bawaslu Kota Banjarbaru.

Sambangi Bawaslu Banjarbaru, ketua Bawaslu RI Pastikan Petugas Pengawas Tidak Berpotensi Menularkan Covid-19 4

Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Dahtiar menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Banjarbaru kota yang berjuluk Kota Idaman, yang mana Kota Banjarbaru pada tahun ini juga akan melaksanakan Pilkada yakni Pemilihan Walikota Banjarbaru Tahun 2020.

Ia mengatakan, sesuai dengan Undang-undang PKPU Nomor 5 Tahun 2020, maka pihaknya siap melaksakan pilkada 2020, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan serta Alat Pelindung Diri (APD).

Sementara itu Ketua Bawaslu RI, Abhan menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kalimantan Selatan ini adalah Dalam Rangka Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Tahapan Pilkada Lanjutan Tahun 2020 di Kalimantan Selatan, termasuk Kunjungan ke Kota Banjarbaru sebagai Salah Satu Kota yang melaksanakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. Dan tahun ini merupakan pilkada tahun 2020 yang berada di masa pandemi covid 19.

Sambangi Bawaslu Banjarbaru, ketua Bawaslu RI Pastikan Petugas Pengawas Tidak Berpotensi Menularkan Covid-19 5

“Mau  tidak mau kita harus melaksanakannya karena keputusan tahapan politik sudah di ambil DPR RI dan juga keluarnya peraturan teknis PKPU nomor 5 tahun 2020,” ucapnya.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa, di tengah pandemi covid 19 itu para petugas pengawas harus memakai standar APD seperti sarung tangan dan lain-lain dan juga berkoordinasi dengan tugas-tugas agar dilakukan rapid test.

“Sehingga ada tindak lanjut dari gugus tugas memastikan bahwa petugas pengawas ketika turun orang-orang yang memang tidak ada potensi menularkan kepada masyarakat,” tungkasnya.

Diakhir acara Ketua Bawaslu RI menerima pelakat sebagai kenang-kenganan yang diserahkan langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan dan juga dari Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru.

Sayyid Maulana Ahmad
Pemimpin Redaksi - Berpengalaman sejak tahun 2015 di dunia jurnalistik. Petualang, itulah gambaran dirinya. Sejak menjadi pelajar saja, dirinya sudah mengembara, dari Muara Teweh sampai Marabahan. Darah Bakumpai yang membuat ia kembali merantau ke Kota Banjarbaru. Bersikap logis dan realistis dalam melihat keadaan.