Berawal Dari 1 Gerobak, Kini BPK Ajipura Miliki 2 Unit Mobil Pemadam Dan Puluhan Personel

Berawal Dari 1 Gerobak, Kini BPK Ajipura Miliki 2 Unit Mobil Pemadam Dan Puluhan Personel 1

TERAS7.COM – Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Ajipura adalah salah satu organisasi pemadam kebakaran yang ada di Kota Martapura yang tetap eksis keberadaannya hingga sekarang.

Damkar Ajipura yang berdiri sejak 10 oktober 2011 lalu ini selalu ikut andil dalam pemadaman kebakaran, baik kebakaran di pemukiman padat penduduk ataupun kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ketua BPK Ajipura, Wahyudi Rifani didampingi penasehat H. Yunani saat dijumpai dimarkasnya usai melakukan pemadaman kebakaran di kawasan pasar Martapura beberapa waktu yang lalu mengatakan awalnya BPK Ajipura hanya bermodalkan 1 unit gerobak dorong.

“Selain itu niat ikhlas kami membantu sesama tanpa merinci berapa harga gerobak dorong tersebut.  Namun seiring dengan berjalannya waktu BPK ini semakin berbenah untuk menambah perbendaharaan fasilitas yang mereka miliki,” ujarnya.

Ketika terjadi kebakaran, BPK Ajipura membawa mesin pakai gerobak dorong, tetapi jika lokasinya cukup jauh pihaknya meminta bantuan pengemudi pick up yang melintas agar mau mengantarkan ke lokasi kebakaran.

Berawal Dari 1 Gerobak, Kini BPK Ajipura Miliki 2 Unit Mobil Pemadam Dan Puluhan Personel 4
Berawal dari 1 unit gerobak dorong dengan mesin selama 2 tahun, kini BPK Ajipura memiliki 2 unit mobil khusus pemadam

“Yang penting kita sampai dulu ke lokasi kebakaran, tanpa memikirkan pulangnya harus naik apa. Kita menggunakan gerobak itu sekitar 2 tahun sebelum bisa membeli mobil khusus pemadam,” ucap Wahyudi Rifani.

Kepahitan BPK Ajipura bukan cuma harus mendorong gerobak selama 2 tahun, namun peristiwa naas juga dialami oleh salah satu personilnya yang harus kehilangan satu ibu jari tangan karena putus terkena selang bermesin cilinder saat menggelar latihan.

“Alhamdulillah personil yang bersangkutan masih gabung sama kita, tidak jera ataupun mengundurkan diri dari kegiatan sosial ini” katanya.

Wahyudi Rifani mengatakan BPK yang bermarkas di Jalan Menteri Empat, Karangan Putih Kelurahan Keraton Martapura ini sekarang memiliki anggota sebanyak 88 personil dengan 2 unit mobil pemadam, 2 mesin portable, dan 2 mesin cilinder.

“Insya Allah kita berencana menambah 2 unit mobil, 1 mobil tangki dan 1 mobil ambulance. Semoga ada dermawan yang mau jadi donator, karena uang kas kita masih sangat jauh dari kata cukup,” harapnya.

Selain aktif dalam penanganan musibah kebakaran, BPK Ajipura juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial lainnya seperti pengamanan acara haul dan kegiatan di mushala.

Rizki Saputera
Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)