Puluhan Warga Bincau Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah

Puluhan Warga Bincau Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah 1
Puluhan Warga Bincau Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah 4

TERAS7.COM – Puluhan warga Desa Bincau, Kecamatan Martapura melaksanakan kerja bakti membersihkan aliran sungai yang terhambat sampah dan tumbuhan pada Sabtu (21/11).

Aliran sungai yang mengalir di pinggir Jalan Melati yang menghubungkan Martapura dengan Karang Intan ini terhambat dan bisa mati jika tidak dibersihkan.

Pembersihan aliran sungai ini melibatkan sekitar 30 orang warga RT 1, 2 dan 3 Desa Bincau dengan sistem Padat karya sejak dari pagi hari.

Puluhan Warga Bincau Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah 6

Wakil ketua BPD Desa Bincau, Rahman Al Faris mengatakan pihaknya melakukan pembersihan sungai, karena warga masih menggunakan aliran sungai ini sehingga harus tetap terjaga kebersihannya.

“Kami berharap kegiatan pembersihan sungai ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun. kami sebagai anggota BPD mengusulkan pada pemerintah desa untuk melakukan penganggaran dan dilakukan pengerjaannya oleh masyarakat sendiri,” ungkapnya.

Pembersihan sungai dari sampah dan eceng gundok dengan panjang sekitar 1,5 Km ini sendiri dilakukan dengan sistem padat karya memberdayakan masyarakat selama 3 hari melalui anggaran dana desa.

Puluhan Warga Bincau Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah 8

Puluhan Warga Bincau Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah 9

Sementara itu perwakilan pemuda Desa Bincau, Subliansyah mengungkapkan pihaknya sangat berterimakasih terhadap pemerintah desa yang sudah melakukan penganggaran dan berharap pembersihan sungai ini dilakukan rutin.

“Kami sangat mendukung dengan kegiatan ini, kami berharap setia tahunnya bisa dianggarkan oleh pemerintah desa agar sungai yang ada di desa kita ini bersih dan aliran sungainya lancar,” ucapnya

Subliansyah berharap pemerintah desa bisa berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, sehingga jika ada bantuan anggaran pembersihan dari kabupaten, maka anggaran pembersihan sungai bisa di gunakan untuk kegiatan lain.

Subli menambahkan sampah yang dibersihkan sendiri cukup sangat banyak, kalau dibiarkan bisa mengalami pendangkalan dan aliran sungai menjadi mati karena air tidak bisa mengalir.

“Kegiatan padat karya ini yang dilakukan juga sangat baik, artinya bisa untuk membantu masyarakat agar mereka mempunyai penghasilan dan sangat mendukung kegiatan padat karya,” ucapnya.

Puluhan Warga Bincau Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah 10

Demikian juga Aparat Desa Bincau Bidang Kasi Kesejahteraan Dan Pelayanan, Sahrijal Hanafi sangat mendukung kegiatan pembersihan sungai ini sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat desa Bincau untuk kemajuan desa.

“Salah satunya adalah seperti pembersihan aliran sungai yang saat ini tersumbat oleh sampah,” katanya.

Selain itu kegiatan seperti ini lanjut Ketua Pelaksana Pembersihan Sungai ini dapat menambah kerekatan antar warga.

“Kegiatan gotong royong ini dapat menambah kerakatan antara warga. Kita berharapan agar aliran sungai ini bisa dibersihkan setiap tahun dan kita sebagai aparat desa akan mencoba menganggarkan dana tersebut,” jelas Sahrijal Hanafi.

Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)