TRAVELING: Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan Jadi Unggulan Barito Utara

TRAVELING: Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan Jadi Unggulan Barito Utara 1

TERAS7.COM – Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah yang beribukota di Muara Teweh dan dilalui oleh sungai Barito ini memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Salah satunya adalah obyek wisata Air Terjun Jantur Doyan yang patut dikunjungi jika kebetulan berkunjung ke daerah yang memiliki semboyan Iya Mulik Bengkang Turan, yang berarti Pantang Mundur Sebelum Berhasil ini.

Obyek wisata alam ini berada di Jalan Lintas Kalimantan Poros Tengah, Mukut, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, sekitar 18 Km dari Kota Muara Teweh menuju arah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya.

TRAVELING: Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan Jadi Unggulan Barito Utara 4

 

 

Salah satu pengunjung obyek wisata ini, Rifhan Risani kepada Teras7.com pada Sabtu (25/6) menceritakan ia baru-baru ini mengunjungi obyek wisata terkenal di Barito Utara ini.

“Letaknya tak jauh dari jalan raya. Kebetulan diajak warga setempat saat melakukan perjalanan bisnis ke Muara Teweh,” katanya.

 

TRAVELING: Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan Jadi Unggulan Barito Utara 5

Keberadaan obyek wisata alam ini lanjut Rifhan Risani cukup mudah ditemukan, selain karena pintu masuk menuju air terjun ini bisa dikenali dengan gerbang besar berwarna biru dengan hiasan ornament khas Dayak.

“Untuk menuju Air Terjun Jantur Doyan sendiri kita berjalan kaki kurang lebih 1 km membelah hutan dengan jalan yang sudah di cor beton. Sepanjang perjalanan pun cukup nyaman karena selain teduh, kita juga bisa menikmati suara-suara yang alami dan indah seperti suara burung berkicau dan suara serangga. Hingga tak terasa sudah sampai di air terjunnya,” ceritanya.

 

TRAVELING: Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan Jadi Unggulan Barito Utara 6

Berbeda dengan ekspektasi mengenai obyek wisata alam yang sering kali terlihat terpencil, Air Terjun Jantur Doyan ini justru memiliki fasilitas obyek wisata yang cukup lengkap.

“Saya tak menyangka disini ada fasilitas yang cukup lengkap seperti gazebo, toilet umum hingga fasilitas bermain untuk anak dan aula. Saya kira cuma air terjun saya, ternyata fasilitas yang dimiliki cukup bagus,” ungkapnya.

 

Rifhan Risani mengisahkan Air Terjun Jantur Doyan ini berupa air terjun dua tingkat yang berada di tengah-tengah hutan, masing-masing tingkat memiliki tinggi 3 meter dan memiliki telaga kecil dibawahnya.

TRAVELING: Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan Jadi Unggulan Barito Utara 7

“Karena berada di tengah hutan, walau hari sedang terik pun disini tetap teduh dan sejuk. Akan tetapi airnya tidak jernih, tapi keruh sehingga mengurangi hasrat untuk mandi di air terjun ini. Tapi Air Terjun Jantur Doyan ini cukup bagus sebagai tempat berfoto dan cukup instagramable,” ujarnya.

 

 

TRAVELING: Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyan Jadi Unggulan Barito Utara 8

Namun saat dirinya berkunjung ke tempat tersebut, saat itu tidak ada pengunjung lain di obyek wisata unggulan Kabupaten Barito Kuala ini sehingga terkesan sepi, padahal memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Rifhan Risani juga mengatakan pengunjung air terjun ini harus berhati-hati saat berada di Obyek Wisata Air Terjun Jantur Doyan ini.

“Hati-hati dengan binatang melata seperti ular, karena saat saya ke tempat itu tampak beberapa ular berada tak jauh dari tempat saya berdiri,” ucapnya.

Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)