Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan – Tebing Tinggi

Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan - Tebing Tinggi 1
Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan - Tebing Tinggi 4

TERAS7.COM – Akibat hujan deras disertai angin yang cukup kencang, yang melanda wilayah Kabupaten Balangan, dari pukul 15.30 tadi menyebabkan satu pohon tumbang dan menutupi separuh badan jalan, Minggu (15/11/20).

Dikatakan oleh salah seorang pengendara sepeda motor, Riduan yang baru pulang dari perjalanannya, bahwa ada sebuah pohon Cempedak di jalan utama penghubung kecamatan yang tumbang tepatnya di Desa Bihara Nungka Kecamatan Awayan.

Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan - Tebing Tinggi 6
Riduan, Warga Awayan

“Ketika sekitar pukul 17.30 WITA, saya pulang dari Lampihong, di perjalanan masih di desa Bihara Nungka, Kecamatan Awayan ada satu Pohon Cempedak yang roboh dan menutupi separuh jalan, akses utama atau penghubung antara Kecamatan Awayan dan Tebing-Tinggi,” ujar Riduan kepada teras7.com.

Selanjutnya ujar Riduan, karena kebetulan saat itu harinya masih hujan, ia memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dan hanya mengambil foto.

” Foto tersebut untuk dijadikan informasi bahwa telah ada pohon tumbang, sehingga ada yang membersihkannya” kata Riduan.Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan - Tebing Tinggi 8

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, Syuhada, Plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan mengatakan bahwa, pihaknya telah mendapatkan laporan perihal pohon tumbang tersebut.

Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan - Tebing Tinggi 9
Syuhada, Plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan

“Setelah kami mendapat laporan bahwa telah terjadi pohon tumbang, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Balangan langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan penanganan dilokasi” ucap Syuhada ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp sekitar Minggu (15/11/20), 19.35.

Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan - Tebing Tinggi 10

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati hati, dan selalu waspada, dimusim penghujan saat ini.Pohon Cempedak Tumbang, Tutupi Separuh Akses Awayan - Tebing Tinggi 11

Terlebih ujarnya saat berkendara dan melewati banyak pepohonan yang besar.

“Karena bisa saja selain pohon yang tumbang, akibat angin atau hujan, bisa saja cabang pohong yang patah dan bisa saja menimpa pengendara,”pungkasnya.