Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan

Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan 1
Lokasi lomba mancing di desa Inan Balangan
Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan 4

TERAS7.COM – – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke75 Desa Inan, Kecamatan Paringin Selatan, mengadakan lomba memancing ikan. Lomba di laksanakan, di kolam pemancingan Sakuni, Desa Inan pada, Minggu (23/08,) mendatang.

Dikunjungi oleh Teras7.com, Kepala Desa (Kades) Inan Sugianor, menerangkan, perkembangan lomba untuk saat ini cukup bagus, terbukti dari lebih dari 60 persen kouta peserta yang terisi.

Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan 5
Kepala Desa (Pambakal) Desa Inan Sugianor

“Perkembangan peserta lumayan bagus, dari 250 kouta peserta yang kami sediakan, kini telah terisi 170 lebih. Banyak pendaftar dari berbagai daerah dikabupaten Balangan,  seperti Amuntai dan Barabai, Kandangan,” terangnya, Jum’at (21/08/20).

Saat ini lanjutnya, peserta yang paling jauh adalah berasal dari Rantau, Kabupaten Tapin. Untuk seluruh Banua Enam,lanjutnya, sudah ada yang mendaftarkan diri mewakili banuanya masing masing.

Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan 6

Untuk kegiatan hari ini tadi, ia dan masyarakat melengkapi kekurangan yang ada di lokasi, seperti pembuatan panggung, pemasangan spanduk dan lain-lain.” Persiapan kami kurang lebih 80 persen untuk saat ini,” kata Sugianor.

Panitia lanjutnya, dalam kegiatan lomba mancing tersebut,  adalah aparat Desa Inan, Karang Taruna, Linmas, dan sema masyarakat Desa Inan, yang bersedia menjadi panitia dalam kegiatan ini, untuk saat ini panitia yang tercatat kurang lebih 60 orang.

Pada kegiatan ini, masyarakat Desa Inan, Kecamatan Paringin Selatan khususnya, memberikan respon dan tanggapan positif, terhadap kegiatan tersebut.

Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan 7

“Masyarakat memberikan respon yang positif pada kegiatan ini, itu terbukti dari banyaknya masyarakat yang datang kemari, ada yang cuma lihat lihat, ada yang mencoba mancing di kolam yang tidak di lombakan,”

Selain tempat tersebut, menjadi tempat hiburan bagi warga Desa Inan, kegiatan tersebut juga berdampak baik bagi perekonomian warga.

Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan 8
Warga setempat berharap paska kegiatan lomba mancing tempat tersebut tetap ramai dikunjungi

“Kegiatan ini juga dijadikan  bagi warga untuk mencari rezeki, contohnya ada yang membuka warung, ada pedagang keliling yang masuk untuk berjualan, secara tidak langsung kegiatan ini membantu menumbuhkan penghasilan bagi warga kami, pungkasnya.

Selain warga yang berdagang, yang mendapatkan kelimpahan rezeki, warga yang berjualan ikan di kolam pun, mengalami kenaikan pembeli, banyak warga luar yang datang sehabis melihat kolam mereka membeli ikan di kolam warga, untuk di bawa pulang.

Salah satunya adalah Nayan, warga Desa Inan ini mengaku, penjulan ikannya sedikit meningkat, selama beberapa hari terakhir.

“Iya mas, beberapa hari terakhir ikan saya, lumayan banyak terjual, karna banyak orang yang berkunjung ke tempat pemancingan Sakuni, lalu sehabis dari sana singgah di tempat saya,” ucap Nayan.

Ia berharap nantinya, kolam pemancingan ini tetap ramai, seperti ini, dan di kelola lebih baik supaya banyak yang datang ke sana, karena semakin banyak yang ke sana, akan berdampak pula ke ekonomi warga.

Ikuti !!! Lomba Mancing di Desa Inan Balangan 9