Angka Kesembuhan Covid-19 di Kalsel Meningkat, Gubernur Tetap Ajak Patuhi Protokol Kesehatan

Angka Kesembuhan Covid-19 di Kalsel Meningkat, Gubernur Tetap Ajak Patuhi Protokol Kesehatan 1
Angka Kesembuhan Covid-19 di Kalsel Meningkat, Gubernur Tetap Ajak Patuhi Protokol Kesehatan 4

TERAS7.COM – Kabar bahagia untuk masyarakat Kalimantan Selatan, pasalnya angka persentase kesembuhan Covid-19 di Kalimantan Selatan terus mengalami kenaikan. Kendati demikian, penambahan kasus positif pun masih terjadi di Kalsel.

Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Selatan pada Selasa sore (22/09), kesembuhan di Kalsel sudah mencapai angka 8.317 orang, pasien terkonfirmasi positif, totalnya 9.903 orang, yang masih dirawat sebanyak 1.180 orang dan yang meninggal sebanyak 406 orang, sedangkan orang yang suspek atau diduga COVID-19 ada 189 orang.

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin mengatakan bahwa angka kesembuhan di Kalsel sudah hampir mencapai 84 persen, dan dirinya tetap terus mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan demi menghambat laju perkembangan Covid-19.

“Alhamdulillah melalui laporan Kepala Dinkes Kalsel, angka kesembuhan sudah mencapai 84 persen, dan kita tetap jaga protokol kesehatan, seperti jaga jarak, hindari kerumunan, dan jangan malas mencuci tangan,” ujarnya saat mengisi acara di Gudang Perum Bulog, Kota Banjarbaru.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak mendiskriminasi terhadap orang yang terjangkit Covid-19, dan dia juga meminta masyarakat membantu mereka agar bisa meringankan beban yang sedang mereka alami.

“Jangan kita hindari mereka, justru harus kita bantu agar meringankan beban mereka,” ujarnya.

Angka Kesembuhan Covid-19 di Kalsel Meningkat, Gubernur Tetap Ajak Patuhi Protokol Kesehatan 5

Kemudian, ditempat yang sama, Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan mengatakan ada beberapa hal yang harus dicapai agar trend kesembuhan ini meningkat, yaitu dengan menjaga agar jangan sampai tertular, dan memberikan perawatan yang baik bagi pasien Covid-19.

“Ada beberapa hal yang harus dicapai agar trend kesembuhan ini naik, yaitu dengan menjaga agar tidak tertular, serta memberikan treatment yang baik kepada penderita Covid-19, baik yang isolasi mandiri maupun dirawat di Rumah Sakit,” ujarnya

Dia juga mengatakan pihaknya akan terus memberikan edukasi dan sosialiasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan, agar meningkatkan angka kesembuhan Covid-19.

“Kita akan berikan edukasi protokol kesehatan agar angka kesembuhan meningkat, dan sosialiasi terkait pengobatan serta makanan sehat yang bagus untuk mempercepat kesembuhan Covid-19,” pungkasnya.

Semoga dengan mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku dapat meningkatkan lagi angka kesembuhan Covid-19 di Kalimantan Selatan.

Angka Kesembuhan Covid-19 di Kalsel Meningkat, Gubernur Tetap Ajak Patuhi Protokol Kesehatan 6
Muhammad Ariandi
Jurnalis - Provinsi Kalimantan Selatan